Pantau Flash
Harga Emas Jatuh Dipicu Kuatnya Dolar AS
Menko Kemaritiman dan Investasi Dukung Ekspor Benih Lobster
Marcus/Kevin Perpanjang Rekor Buruk Jumpa Endo/Watanabe
10 Tempat Kerja Terbaik di Singapura, Google Nomor 1
Iwan Bule Sebut Penggawa Timnas U-22 Bisa Bela Tim Senior

5 Negara di Dunia Ini Tak Punya Laut Tapi Miliki Angkatan Laut yang Tangguh

5 Negara di Dunia Ini Tak Punya Laut Tapi Miliki Angkatan Laut yang Tangguh Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Indonesia merupakan negara kepualauan yang memiliki wilayah teritorial laut yang cukup luas. Namun kurang lebih ada 48 negara di dunia yang ternyata tak memiliki lautan atau samudera. 

Baca juga: 5 Penyebab Terjadinya Kiamat Menurut Sains yang Sejalan dengan Agama

Negara-negara yang wilayah teritorialnya hanya di daratan dan udara saja disebut dengan istilah Landclock Country atau negara dengan tanah terkunci. Biasanya negara seperti itu, diapit atau dikelilingi oleh negara-negara lain.

Uniknya, negara-negara berikut ini meski tak memiliki laut tapi memiliki angkatan laut yang tak kalah hebat. Penasaran negara mana saja itu? berikut ulasannya!

1. Laos

Laos adalah negara di Asia Tenggara yang tak punya laut. Negara ini berada diantara Vietnam, Kamboja, dan Thailand. Bukan hanya laut, akses menuju laut terdekat yakni Laut Cina Selatan atau Laut Andaman saja benar-benar tertutup. 

Tapi, meski tak memiliki samudera, Laos memiliki Angkatan Laut yang cukup handal, hanya saja para marinir ini bertugas di Sungai Mekong.

2. Paraguay

Paraguay merupakan negara landlock yang berada di benua Amerika. Meski tak memiliki wilayah teritorial laut, tapi berbeda dengan Laos, Paraguay masih memiliki akses menuju laut lepas melalui Sungai Parana yang dikenal sangat lebar dan panjang. 

Paraguay memiliki sekitar 2.000 personel aktif Angkatan Laut. Tugas para marinir tersebut berpatroli di sekitar Sungai Paraguay dan Parana. Dalam acara-acara tertentu mereka akan berlayar menuju lautan, biasanya para tentara melakukan latihan tempur atau sekedar mengawal kapal barang dari Paraguay ke laut lepas.

3. Bolivia

Bolivia masih bertetangga dengan Paraguay, keduanya sama-sama merupakan negara landlock. Negara ini terjepit diantara Peru dan Chille sehingga tak memiliki akses ke Samudera Pasifik. 

Taak memiliki akses ke Samudera Pasifik bukan berarti Bolivia tak memiliki angkatan laut. Setidaknya ada 5.000 personil Angkatan Laut yang dikenal cukup hebat yang siap menjadi pelindung negara. Mereka biasanya berpatroli di Danau Titicata dan Sungai Bolivia. Pembentukan Angkatan Laut Bolivia adalah simbol dari pantang menyerah negara tersebut agar bisa memiliki akses ke Samudera Pasifik.

4. Kazakhstan

Kazakhstan memiliki Angakatan Laut yang beroperasi di Laut Kaspia yakni laut mati yang tak bisa memberikan akses ke laut lepas. Angkatan Laut ini berdiri secara resmi pada tahun 2003. Hingga hari ini jumlah personel Angkatan Laut dari negara ini mencapai 3.000 orang. Semua berjaga-jaga di sepanjang Laut Kaspia untuk menghalang penyusup yang masuk lewat perairan.

Kazakhstan memiliki satu kapal dengan senjata misi. Lalu 12 kapal perang besar yang mampu mengangkut banyak sekali pasukan. Untuk memperkuat wilayah kematitiman ini, Kazakhstan juga memiliki dua jet tempur Sukhoi Su-27 buatan Rusia.

Baca juga: 5 Masjid Paling Bersejarah di Indonesia, Bahkan Kokoh Dihantam Tsunami

5. Azerbaijan

Sama seperti Kazakhstan, Azerbaijan juga hanya memiliki wilayah kemaritiman di Laut Kaspia. Azerbaijan merupakan negara yang ada di tengah-tengah benua Asia. Kapal-kapal tempur yang mereka miliki hanya bisa digunakan di Laut Kaspia yang memiliki kadar garam sangat tinggi.

Azerbaijan memiliki sekitar 5.000 personel Angakatan Laut. Mereka didukung dengan 31 kapal besar dan 6 pesawat tempur yang siapa mengamankan perairan Azerbaijan.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Gilang K. Candra Respaty
Category
Ragam

Berita Terkait: