Forgot Password Register

70 Rudal Israel Hantam Suriah, Iran: Ini Karena Dunia Tutup Mata

70 Rudal Israel Hantam Suriah, Iran: Ini Karena Dunia Tutup Mata Rudal Israel hantam Suriah. (Foto: Reuters/Alaa al Faqir)

Pantau.com - Ketegangan telah terjadi antara Israel dan Iran di tengah serangan IDF terhadap dugaan infrastruktur sejata kimia Iran di Suriah. Puluhan rudal ditembakan Israel.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Bahram Qasemi mengecam masyarakat internasional karena sikapnya mengenai serangan anti-Suriah-Israel.

Menurutnya Suriah berhak untuk mendapatkan kebebasan dan wajib dipadang oleh dunia interbasional. "Iran sangat mengutuk (Israel) menyerang Suriah. Sikap diam dunia internasional yang mendorong Israel melakukan serangan tersebut," katanya yang dikutip Pantau.com dari Sputnik, Jumat (11/5/2018).

"Suriah memiliki hak untuk membela diri."

Baca juga: AS Jatuhkan Sanksi Baru untuk Iran Pasca 'Cabut' dari Kesepakatan Nuklir

Untuk diketahui, Angkatan Udara Israel menyerang puluhan angkatan militer Iran yang berada di Suriah. Hal itu sebagai balasan setelah Israel mengklaim jika 20 roket Iran menerjang wilayahnya. 

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, total 28 jet Israel melakukan serangan. Lebih dari 60 rudal diluncurkan dan ditembakan ke pangkalan udara Suriah. 

Sementara itu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan membenarkan serangan tersebut karena Iran telah melintasi garis merah dengan menyerang Israel. 

Baca juga: Polisi Temukan 7 Mayat Korban Penembakan, Australia Kembali ke 1996?

Pada saat yang sama, Anggota Komisi Parlemen Iran untuk keamanan dan kebijakan luar negeri Abolfazl Hassan Beigi menegaskan Iran tidak memiliki fasilitas militer di Suriah. 

Negara Uni Eropa termasuk Jerman dan Inggris langsung bersuara dengan memperingatkan eskalasi setelah serangan.

Hubungan Israel-Iran telah tegang atas program nuklir iran dan dukungan untuk pemerintah Suriah dalam perang saudara bertahun-tahun. Para pejabat Israel mengatakan Israel tidak akan mengizinkan Iran mengubah Suriah menjadi pijakan militernya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More