Pantau Flash
Voli Pantai Indonesia Melaju ke Semifinal Turnamen World Beach Games
KPK OTT Bupati Indramayu
PDIP Pasrahkan Kabinet ke Jokowi
AICHR Desak Diterapkannya Perjanjian ASEAN Soal Kabut Asap Lintas Batas
Tol Langit Diprediksi Tingkatkan Ekonomi Digital Indonesia Timur

Amien Rais hingga Fadli Zon Ramai-ramai Nyatakan Sikap Soal Ini di DPR

Headline
Amien Rais hingga Fadli Zon Ramai-ramai Nyatakan Sikap Soal Ini di DPR ilustrasi (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadillah)

Pantau.com - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah dan Fadli Zon diagendakan akan menyampaikan pernyataan sikap terkait persoalan daftar pemilih tetap (DPT) yang dinilai masih bermasalah untuk Pemilu 2019.

Koordinator Barisan Masyarakat Peduli Pemilu Adil dan Berintegritas, Marwan Batubara mengatakan, bahwa agenda tersebut adalah untuk mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bahwa permasalahan DPT ini harus dibenahi.

"Kita mengkaji dan menemukan dan itu bisa diuji tentang temuan kita itu benar tidaknya. Itu memang DPT final yang sekarang dianggap sudah selesai itu bermasalah," kata Marwan saat dihubungi, Selasa (9/4/2019).

Baca juga: Amien Rais Singgung KPU Memihak Capres Petahana karena DPT Bermasalah 

Marwan menegaskan, bahwa tokoh seperti Amien hingga Fadli Zon hanya tidak ingin DPT pada Pemilu 2019 kali ini bermasalah. Menurutnya, pihaknya hanya ingin hal tersebut menjadi bahan kecurangan.

"Bisa saja DPT bermasalah ini menjadi sumber terjadinya people power, atau chaos minimal. Kenapa? Karena kalau orang merasa di tps itu yang secara terbuka bisa diikuti kita menang, tapi begitu hitungan akhir itu kalah. Kenapa? Karena yang 17,5 (juta) ini kan berpotensi untuk direkayasa sebagai sarana untuk menambah sarana bagi satu pihak," tandasnya.

Baca juga: KPU Tetapkan 190 Juta DPT dan 810 Ribu TPS di Pemilu 2019 

Sejumlah nama dijadwalkan akan hadir dalam pernyataan sikap tersebut. Beberapa tokoh tersebut diantaranya Amien Rais, Fahri Hamzah, Fadli Zon, Chusnul Mariyah, Marwan Batubara, Adhyaksa Dault, KH Zaitun Rasmin, Tony Rosyid, Agus Maksum, Alfian Usman.

Pernyataan sikap tersebut rencananya akan digelar di Ruang KK III Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pukul 13.00-15.00 WIB.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Reporter
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional

Berita Terkait: