Forgot Password Register

Bagaimana Cara Menimbang Berat Badan dengan Hasil Akurat?

Bagaimana Cara Menimbang Berat Badan dengan Hasil Akurat? Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Buat yang tengah menjalani program menurunkan berat badan, timbangan seringkali menjadi musuh besar karena bobot yang sesuai harapan. Kadang rasa frustasi bisa saja datang ketika sudah merasa berjuang keras tapi berat badan tak kunjung turun.

Baca juga: 5 Manfaat Tersembunyi Daging Kepiting

Tapi tau kah kamu, jika ada adab yang harus dilakukan dalam menimbang berat bedan yang bisa menunjukan hasil lebih akurat, seperti yang di kemukakan oleh Dokter Ahli Gizi Raissa Djuanda.

1. Jangan menimbang setiap hari

Ini biasanya sering kali diabaikan bagi si pelaku diet, karena tentu ini tidak akan efektif, karena berat badan tidak serta merta langsung turun atau meningkat. 

Setidaknya kata Rissa timbanglah badanmu seminggu sekali. 

"Jangan tiap hari ya, karena kalau tiap hari, itu yang ada bikin stres doang, jadi seminggu sekali," ujarnya.

2. Timbang badan usai buang air kecil

Ini penting, karena tubuh jelas mengandung air yang cukup banyak, bahkan hingga setengah kilogram. Jadi pastikan tubuh dalam keadaan perut kosong.

Baca juga: Hentikan Kebiasaan Beri Suplemen untuk Anak, Tak Bagus untuk Tumbuh Kembang!

3. Sesaat setelah bangun tidur

Sebenarnya ini agar menjadi patokan, karena jika ingin melihat kestabilan berat badanmu, pastikan waktu penimbangan disaat yang sama.

"Itu biar waktunya sama terus, karena bedanya itu waktu kita nimbang siang, sampai nimbang malam itu beratnya beda, jadi sebaiknya waktunya disamakan terus, paling bagus adalah waktu bangun tidur," tutupnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More