Forgot Password Register

Headlines

Boediono Terancam Jadi Tersangka, Demokrat Ketar Ketir

Boediono Terancam Jadi Tersangka, Demokrat Ketar Ketir Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon. (Foto: Pantau.com/Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Partai Demokrat meminta Mahkamah Agung (MA) untuk segera turun, karena menilai banyak kesalahan dalam putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) yang perintahkan KPK untuk penetapkan tersangka baru dalam kasus Century.

"Menurut kami Partai Demokrat, Mahkamah Agung itu harus segera turun tangan menuntaskan persoalan ini," ujar Ketua DPP Partai Demokrat Jansen Sitindaon dalam sebuah acara diskusi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (12/4/2018).

Putusan ini dinilai janggal oleh Jansen, karena pengadilan tidak berhak memerintahkan untuk membuat seseorang jadi tersangka, dimana itu merupakan ranah aparat penegak hukum seperti polisi, jaksa atau KPK.

Baca juga: KPK Kantongi 10 Nama yang 'Berperan' di Dalam Korupsi Bank Century

"Jadi menetapkan tersangka itu bukan kewenangan pengadilan, tapi memidana orang itu kewenangan pengadilan," sambungnya.

Sehingga kata dia, MA penting untuk melihat dan mencari tahu putusan hakim Efendi Muhtar terhadap praperadilan yang diajukan mantan Deputi Gubernur BI Budi Mulya benar dan sesuai kaidah atau tidak.

"Meluruskanlah benar enggak putusan sejenis itu bener enggak, menurut institusi Mahkamah Agung," tutupnya.

Sebelumnya, praperadilan Budi Mulya melalui Kuasa Hukumnya Boyamin Saiman diterima PN Jaksel dan memerintahkan KPK untuk segera menyelidiki dan menetapkan mantan Wakil Presiden Boediono dan Muliaman D Hadad,  Hartadi, Miranda Gultom, Raden Pardede dan beberapa nama lainnya sebagai tersangka. 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More