Forgot Password Register

Bolehkah Langsung Tidur Setelah Sahur?

Ilustrasi (Foto: Pixabay) Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Punya kebiasaan tidur selepas makan sahur? Kebiasaan itu wajar, karena bangun untuk makan sahur jam 3 - 4 dini hari, mengurangi jam tidur kita. Tapi apa dampak tidur selepas sahur bagi kesehatan tubuh kita? 

Perlu diketahui bahwa tidur selepas sahur dan salat subuh ternyata berbahaya bagi kesehatan tubuh. Hal itu dapat memicu terjadinya gangguan kesehatan terutama pada pencernaan.

Baca juga: Mau Badan Tetap Segar saat Puasa? Konsumsi 5 Buah Ini

Tidur setelah sahur menimbulkan kondisi refluks yaitu posisi tubuh saat tidur dapat membuat makanan kembali ke tenggorokan dan mulut. Refluks dapat menyebabkan asal lambung naik ke dalam tenggorokan dan menimbulkan rasa panas di dada. Selain itu, kerongkongan akan terasa kering, panas dan bahkan bisa menyebabkan mual dan muntah.

Kondisi inilah yang dapat menyebabkan penyakir GERD (Gastroesophageal Relux Disease), kondisi kerusakan pada paru-paru, kerongkong dan laring. Jika terlalu parah, penyakit ini dapat menyebabkan kanker tenggorokan.

Baca juga: Ini Alasan Kurma 'Cocok' untuk Berbuka Puasa

Sebaiknya jangan langsung tidur selepas makan sahur, karena sistem pencernaan tidak bisa berfungsi maksimal. Namun jika kamu benar-benar membutuhkan waktu untuk tidur, lebih baik beri jeda untuk melakukan sedikit aktivitas lain terlebih dahulu.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More