Pantau Flash
Vettel Akui Mercedes Begitu Sempurna Musim Ini
MPR Pastikan Megawati dan SBY Akan Hadiri Pelantikan Jokowi-Ma'ruf
KontraS Nilai Hukuman Mati Sudah Tak Relevan di Indonesia
Anies Baswedan Klaim Rumah DP Rp0 Laris Manis
Dibenamkan Vietnam 1-3, Suporter Indonesia Lakukan Unjuk Rasa

Duh! Ritel Produk Kecantikan Lesu, Trik Pasar Amazon Telan Korban

Duh! Ritel Produk Kecantikan Lesu, Trik Pasar Amazon Telan Korban Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Saham sejumlah pengecer kecantikan khusus jatuh pada hari Senin (24 Juni 2019) setelah Amazon.com Inc mengatakan telah mulai menjual produk kecantikan untuk penata rambut, tukang cukur dan ahli kecantikan berlisensi.

Saham Sally Beauty Holdings, yang menargetkan profesional industri, merosot 17 persen, sementara orang-orang dari Ulta Beauty Inc turun sekitar 3 persen.

Dikutip Reuters, ritel ini adalah yang terbaru terkena dampak kekhawatiran Wall Street tentang langkah-langkah oleh pengecer terbesar dunia ke dalam serangkaian ceruk atau pasar yang lebih teratur.

Baca juga: Ekonomi Global Bergejolak, Investor Australia Mulai Demam Emas

Tahun lalu, rantai farmasi AS dan grosir obat-obatan seperti CVS, Walgreen dan McKesson Corp kehilangan miliaran nilai pasar ketika Amazon mengambil langkah pertama ke apotek daring dengan membeli PillPack pemain kecil yang ada di sini.

Amazon biasanya menggunakan skala dan profil daringnya untuk menawarkan rangkaian produk yang lebih luas dengan harga lebih rendah, memberikan tekanan pada margin pemain yang ada. "Saat ini, stylist sering bepergian ke berbagai lokasi pasokan kosmetik untuk mendapatkan pasokan yang diperlukan," kata analis Jefferies.

"Kami berharap Amazon segera menjadi saluran yang cukup penting bagi merek untuk membawa penawaran teratas mereka di platform."

Amazon mengatakan penata perlu mengunggah lisensi yang dikeluarkan negara mereka dan membuat akun bisnis untuk membeli produk dari toko baru, yang menurut perusahaan akan stok merek termasuk Wella Professionals dan OPI Professional.

Baca juga: Tak Hanya Swalayan Giant, Carrefour China Juga Kasih Kabar Tak Sedap

Entri tersebut akan secara langsung mengancam sekitar 19 persen dari laba operasi Sally Beauty dan tambahan 33 persen kemungkinan akan melihat tekanan dari lebih banyak kompetisi, menurut analis DA Davidson.

Ulta, bagaimanapun, akan melihat rasa sakit yang lebih rendah karena sebagian besar menjual kosmetik dan alat styling, yang hanya menyumbang 19 persen dari total penjualan, kata para analis.

Perusahaan tidak segera menanggapi beberapa permintaan komentar. Saham pengecer e-commerce diperdagangkan 0,2 persen lebih tinggi pada $ 1,913.16.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: