Pantau Flash
New York Mulai Larang Penjualan Rokok Elektrik Bercita Rasa
UU Pemasyarakatan Beres, Napi Koruptor Bisa Mudah Bebas Bersyarat
Pesawat Twin Otter Hilang Kontak dalam Penerbangan dari Timika ke Ilaga
Hafiz/Gloria Terhenti di Babak Pertama China Open 2019
KTM: Posisi Johann Zarco Digantikan Mika Kallio hingga Akhir Musim

Duh, Terlalu Lama Menyetir Bisa Membuat Otak 'Lemot'

Duh, Terlalu Lama Menyetir Bisa Membuat Otak 'Lemot' Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com -  Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, menyetir berjam-jam sudah biasa apalagi saat harus menghadapi kemacetan. Hal itu tak bisa dihindari, dan mungkin saja menjadi rutinitas hampir setiap hari yang dilakukan.

Dalam kondisi macet, mau tidak mau kamu terpaksa mengendarai mobil berjam-jam saat berangkat ke tempat kerja dan pulang ke rumah.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Eksotis di Kalimantan, Bikin Gak Mau Pulang!

Tapi tahukah Anda rutinitas tersebut ternyata bisa berdampak buruk bagi keehatan?

Peneliti menyebut, salah satu dampak menghabiskan waktu terlalu lama menyetir mobil dapat mengurangi kecerdasan. Periset telah menemukan bahwa kekuatan otak turun lebih cepat pada orang paruh baya yang melaju jauh setiap hari.

"Kami tahu bahwa mengemudi secara teratur selama lebih dari dua sampai tiga jam sehari itu buruk bagi jantung. Penelitian ini menunjukkan bahwa ini juga buruk bagi otak Anda, mungkin karena pikiran Anda kurang aktif pada jam-jam itu," kata Kishan Bakrania, dari Universitas Leicester di Inggris.

Selama penelitian, periset mempelajari gaya hidup lebih dari 500.000 orang Inggris berusia 37-73 selama lima tahun, di mana mereka mengambil tes kecerdasan dan ingatan.

Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa 93.000 orang yang berkendara lebih dari dua sampai tiga jam sehari biasanya memiliki kemampuan otak yang lebih rendah.

Baca juga: Ternyata, Meja Kerja Lebih Jorok Dibandingkan Toilet Duduk! Ini Alasannya

Selama lima tahun berikutnya, kekuatan otak mereka terus menurun lebih cepat daripada orang-orang yang tidak banyak mengemudi atau tidak sama sekali.

"Penurunan kognitif bisa terukur selama lima tahun karena bisa terjadi dengan cepat pada orang berusia lanjut setengah baya. Hal ini terkait dengan faktor gaya hidup seperti merokok dan pola makan yang buruk, dan sekarang dengan waktu yang dihabiskan untuk mengemudi," tambah Bakrania.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Gilang K. Candra Respaty
Category
Ragam

Berita Terkait:



Komentar

  1. Hallo Bossku...Bersama kami dupa88.com Saat Ini Kami Memberikan Berbagai Promo BONUS ISTIMEWA ( TRIPLE BONUS ) di antaranya : - Bonus Welome Cashback 100% Modal awal kurang beruntung kami ganti 100% - Bonus New Member 20% hingga Rp 2.000.000,- - Bonus Next Depo 10% hingga Rp 1.000.000,- Bisa di klaim berulang kali dalam sehari - Bonus Loyality / Hadir. - Jackpot Sportsbook 100% - Bonus Rollover Weekly POKER 0.7% - Bonus Cashback Weekly 7% Minimum Deposit Hanya 50K Proses DP/WD Sulat (Super Kilat) tidak lebih dari 2 mnt dan aman. Anda Menang Berapapun, kami bayar boskuu. :)

  2. PROMO TERGILA DARI DUPA 88, KALAH PERTAMA KAMI GANTI 100%!! | BONUS NEW MEMBER UP TO 2jt | BONUS NEXT DEPO UP TO 1jt BISA DIKLAIM BERKALI-KALI TIAP HARINYA | BONUS HADIR KHUSUS BUAT MEMBER SETIA KAMI DI SETIAP MINGGUNYA | TRIPLE BONUS UNTUK SPORTBOOK,SLOTS & LIVE CASINO | BONUS TURNOVER TERTINGGI UNTUK IDN POKER UP TO 0,7% * TUNGGU APALAGI, SEGERA KUNJUNGI www.dupa88.com / WA: +855973465121