Forgot Password Register

Fosil Dinosaurus Darat Terbesar di Bumi Ditemukan di Argentina

Fosil Dinosaurus Darat Terbesar di Bumi Ditemukan di Argentina Ilustrasi kerangka Dinosaurus. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Para ilmuwan telah menemukan fosil raksasa Dinosaurus di barat laut Argentina. Dia adalah dinosaurus pemakan tanaman berkaki empat dengan leher panjang dan ekor panjang yang merupakan cikal bakal hewan darat terbesar sepanjang masa.

Para peneliti mengatakan, dinosaurus bernama Ingentia prima, yang berarti raksasa pertama memilki tinggi mencapai 33 kaki atau sekitar 10 meter dengan berat 20 ton. Mereka hidup selama Periode Trias sekitar 210 juta tahun lalu. 

Ingentia adalah anggota awal dari kelompok dinosaurus yang disebut sauropoda yang kemudian termasuk makhluk darat terbesar di bumi.Ia juga dikegorikan sebagai Patagonian raksasa Argentinosaurus, Dreadnoughtus, dan Patagotitan.

"Kami melihat di Ingentia prima asal gigantisme, langkah pertama sehingga, lebih dari 100 juta tahun kemudian, sauropoda hingga 70 ton dapat muncul seperti yang hidup di Patagonia," kata ahli paleontologi Cecilia Apaldetti dari Universidad Nacional de San Juan di Argentina yang dikutip dari Reuters, Rabu (11/7/2018).

Baca juga: Begini Pernyataan Tak Terduga PBB Setelah Kunjungi Korea Utara