Forgot Password Register

Gara-gara Kebijakan Tarif Trump, Beli Mobil Murah Makin Susah

Ilustrasi (Pixabay) Ilustrasi (Pixabay)

Pantau.com - Semua mobil baru di Amerika Serikat diprediksi dijual dengan harga lebih tinggi. Kemungkinan ini akan terjadi jika Presiden Amerika Serikat, Donald Trum melakukan penetapan tarif tinggi pada produk automotif.

Perusahaan komersial menganggap tarif itu menyasar pada produk automotif yang dirakit di luar negeri dan dibuat di luar negeri. Sehingga, setiap mobil yang di rakit di Amerika Serikat yang memuat onderdil dari luar sesuai data pemerintah akan dikenakan tarif ini. 

"Dalam hal ini tidak ada produk mobil Amerika yang murni," kata Michelle Krebs, analis senior penjualan mobil.

Baca juga: Perang Dagang AS-China Mulai Berimbas ke Minyak Sawit Indonesia

Dikutip Money CNN, Michelle menegaskan bahwa produk automotif merupakan produk global dimana semua negara terlibat dalam suku cadangnya. 

Ia mengingatkan bahwa kebijakan Trump ini menjadi ancaman bagi dunia automotif dimana biaya produksi mereka akan semakin tinggi. Sebagian perusahaan juga beberapa waktu lalu telah memikirkan untuk mengurangi pekerja. 

Regulasi pemerintah Amerika ini akan membuat setiap produsen mobil mengukur persentase onderdil dan manufaktur yang datang dari Amerika atau Canada.  

Baca juga: Pemerintah Menghitung Untung Rugi Tawaran Perdagangan AS

Menurut perhitungan, mobil yang paling banyak di Amerika, baik Honda atau Odyssey minibus dan pickup, tiga perempatnya memiliki komponen yang dibuat Amerika atau Canada. 

Merek mobil seperti Honda Civic, Acura MDX, Acura TLX and the Mercedes C-class 70% nya dari AS dan Canada. Prosentase paling tinggi itu adalah  Chevrolet Corvette, diurutan ke tujuh, dimana 2 pertiga onderdil dan manufaktur dari AS dan Canada. 

Satu-satunya pembuat mobil yang membangun semua mobil Amerika di pabrik AS adalah Tesla (TSLA). Tetapi Tesla pun mengimpor sekitar setengah bagian yang digunakannya.  

Share :
Komentar :

Terkait

Read More