Forgot Password Register

Headlines

Pemerintah Menghitung Untung Rugi Tawaran Perdagangan AS

Pemerintah Menghitung Untung Rugi Tawaran Perdagangan AS Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita (Foto:Pantau.com/Ratih Prastika)

Pantau.com - Kementerian Perdagangan RI tengah mempersiapkan pertemuan dengan  United State Trade Representative (USTR) atau Kementerian Perdagangan Amerika Serikat. Pertemuan tersebut membahas mengenai evaluasi fasilitas Generalized System Preference (GSP) kepada Indonesia.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan pihaknya sudah melakukan komunikasi secara intensif dan diundang oleh US Trade Representative (USTR) untuk mengadakan pertemuan sekitar akhir Juli mendatang.

"Jadi kami sudah lakukan komunikasi dengan USTR, dan pak duta besar kita sudah melakukan komunikasi yang cukup intensif, dari hasil itu, USTR mengundang kami untuk duduk bersama membahas itu. Diakhir Juli lah," ujarnya saat ditemui usai menggelar rakor di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu (11/7/2018).

Baca juga: Menko Darmin Kumpulkan Menteri Bahas Ancaman Trump

Pembahasan tersebut kata Enggar mengenai tentang fasilitas GSP yang diberikan ke Indonesia juga ada 3 negara yang diminta di review. 

"Ini yang kita persiapkan bahannya dari kementerian dan lembaga untuk kita bicara dengan USTR agar fasilitas GSP tetap bisa kita dapatkan," ungkapnya.

Pihaknya harus menghitung fasilitas lainnya bila fasilitas GSP ini dicabut oleh AS. 

"Tetapi kita harus hitung apa yang bisa dapatkan selain dari fasilitas GSP itu sendiri karena kalau fasilitas GSPnya  dicabut itu akan memberikan dampak pada ekspor kita, ya dampak negatif kalau gspnya hilang jadi itunya (tarif) tinggi," paparnya.

Baca juga: Pakar Energi AS: Perang Dagang AS-China Buruk Bagi Industri Energi Global

Ia menambahkan hingga saat ini fasilitas GSP yang diberikan AS kepada RI bisa mencapai 3.547 lini tarif. Namun kebijakan itu saat ini sedang dievaluasi sehingga dalam pertemuan tersebut Enggar akan menjelaskan dampak bila fasilitas GSP tersebut dicabut.

"Yang prinsipnya saja, bukan kita review tapi kalau GSPnya dicabut 3.547 dicabut dampaknya seperti apa, kami kasih gambaran," imbuhnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More