Forgot Password Register

Gunung Kilauea Erupsi Hebat, Penerbangan di Hawaii Siaga I

Gunung Kilauea Erupsi Hebat, Penerbangan di Hawaii Siaga I Abu vulkani yang muncrat dari kawah Gunung Kilauea. (Foto: Reuters/Terray Sylvester)

Pantau.com - Otoritas Geologi AS mengeluarkan peringatan siaga I terhadap penerbangan di wilayah Hawaii. Pasalnya, intensitas abu vulkanik dan proyektil api yang keluar dari kawah Gunung Kilauea semakin tinggi.

Mengutip Russia Today, Rabu (16/5/2018), Badan Geologi AS, abu vulkanik setinggi 12.000 kaki mengancam visibilitas, dengan kondisi angin yang mudah yang mudah menguap berpotensi membawa proyektil dan kabut gunung berapi menghantam pesawat.

"National Weather Service radar dan laporan pilot menunjukkan bagian atas awan abu setinggi 10.000 hingga 12.0000 kaki di atas permukaan laut, tetapi ini mungkin diharapkan bervariasi tergantung pada kekuatan aktivitas dan kondisi angin," pernyataan USGS.

Baca juga: Pasca Letusan Gunung Berapi, Penduduk Hawaii Diizinkan Kembali ke Rumah

"Setiap saat, aktivitas dapat menjadi lebih eksplosif, meningkatkan intensitas produksi abu dan memproduksi proyektil semakin tinggi," tambahnya.

Lebih dari 1.500 orang telah dievakuasi dan puluhan rumah dan bangunan hancur sejak aktivitas gunung berapi di kawah Kilauea pertama kali.

Baca juga: Gunung Kilaiea Alami Erupsi, Hawaii Diguncang Gempa Bumi

Wali Kota Hawaii Harry Kim mengatakan, layanan bantuan lahar sudah tersedia. Ia menambahkan, pusat-pusat bantuan berada di perumahan distrik Paho.

Semantara itu, Hawaiian Telcom menawarkan layanan bantuan lava untuk membantu menjaga pengungsi dari erupsi agar tetap terhubung hingga mereka dapat kembali ke rumah.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More