Pantau Flash
Kalahkan Chelsea di Stamford Bridge, Liverpool Kokoh di Puncak Klasmen
Hasil Balap F1 GP Singapura: Vettel Juara, Hamilton Tak Dapat Podium
Marc Marquez Juara GP Aragon, Gelar Keenam Semakin Dekat
Kalahkan Hendra/Ahsan, Kevin/Marcus Juara China Open 2019
Kalah dari Momota, Ginting Gagal Pertahankan Gelar China Open

Ilmuan Temukan Makhluk Purba Berusia 518 Juta Tahun Lalu di China

Ilmuan Temukan Makhluk Purba Berusia 518 Juta Tahun Lalu di China Makhluk laut misterius yang diyakini berasal dari 518 juta tahun lalu telah ditemukan oleh para ilmuan di China bagian selatan. (Foto: YouTube/BuzzFresh News)

Pantau.com - Makhluk laut misterius yang diyakini berasal dari 518 juta tahun lalu telah ditemukan oleh para ilmuan di China bagian selatan.

Fosil binatang kuno, yang ditemukan dalam tanah di antara sawah dan lahan pertanian, dengan ukuran diameter 4cm dan memiliki sekitar 18 tentakel yang ditutupi rambut tipis, tidak seperti ubur-ubur pada umumnya.

Ubur-ubur saat ini merupakan karnivora yang berenang menggunakan sisir jeli yang berwarna dilengkapi dengan tentakel yang dikenal sebagai silia. Para ilmuan berspekulasi bahwa makhluk purba itu menggunakan sisir jeli itu untuk menangkap mangsa, seperti dilansir Sputnik, Rabu (27/3/2019).

Baca juga: Di Tepi Sungai China, Tim Peneliti Panen Fosil Besar

Makhluk tersebut dijuluki sebagai Daihua, setelah suku Dai yang tinggal didekat area penampangan dan Hua, dari bahasa Mandarin yang memiliki arti bunga, menurut Sciencie Bulletin.

"Ketika pertama kali melihat fosil itu, saya segera melihat beberapa jenis medusa pada ubur-ubur," kata Jakob Vinther, paleobiologist molekuler dari Universitas Bristol.

Para ilmuan dari Universitas Bristol, Universitas Yunan di China, dan Museum London Natural History telah membandingkan fosil tersebut dengan fosil lain yang juga memiliki 18 tentakel, yakni Dinomischus.

Baca juga: Bak Titanic! Penumpang Kalang Kabut, Kapal Pesiar Nyaris Menabrak Batu 

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi
Category
Internasional