Forgot Password Register

Jalani Sidang Dakwaan Perdana, PT NKE Jadi Korporasi Pertama yang disidang Terkait Korupsi

Jalani Sidang Dakwaan Perdana, PT NKE Jadi Korporasi Pertama yang disidang Terkait Korupsi Ilustrasi (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - PT Duta Graha Indah (DGI) atau yang telah berganti nama menjadi PT Nusa Konstruksi Enjiniring (NKE) jalani sidang dakwaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat, Kamis (11/10/2018). Menurut Juru bicara KPK Febri Diansyah, PT NKE merupakan korporasi pertama yang menjalani sidang perkara korupsi.

"Hari ini diagendakan persidangan perdana terdakwa PT. NKE atau PT. DGI. Ini merupakan kasus korporasi pertama yang ditangani KPK dan masuk ke proses persidangan, selain tiga korporasi lain yang juga sedang diproses dalam kasus korupsi dan pencucian uang," kata Febri melalui pesan singkat, Kamis (11/10/2018).

Baca juga: Dilelang KPK, Perhiasan Ahmad Fathanah dan Pengusaha Sumut Laku Hingga Rp 272 Juta

PT NKE merupakan tersangka pada pengembangan kasus korupsi proyek pembangunan RS Universitas Udayana, Bali dan Wisma Atlet, Sumatera Selatan. Febri menambahkan dalam proses sidang PT NKE diwakili Direktur Utama PT NKE Djoko Eko Suprastowo. Hal itu sesuai dengan ketentuan di UU 31/1999 sebagaimana diubah UU 20/2001 dan yg lebih lanjut diuraikan oleh Peraturan Mahkamah Agung No. 13 tahun 2016.

"Penuntut Umum KPK akan menguraikan bagaimana peran pengurus korporasi, baik yang menjadi personil pengendali atau pun pihak lain yang terkait. Kemudian akan dirinci juga proyek-proyek yang pernah ditangani PT. NKE yang jadi bagian pengusutan kasus dugaan korupsi ini. Aspek kerugian negara dan pihak-pihak yang diuntungkan dari korupsi tsb juga akan diuraikan," papar Febri.

KPK menetapkan PT NKE sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan RS Pendidikan Khusus Penyakit Infeksi dan Pariwisata Universitas Udayana tahun anggaran 2009-2010.

Dalam perkara tersebut, PT DGI telah divonis bersalah dan dihukum membayar uang pengganti Rp 14,4 miliar untuk proyek pembangunan RS di Universitas Udayana dan Rp 33,4 miliar untuk proyek pembangunan wisma atlet dan gedung serba guna Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tahun 2010-2011.

Baca juga: KPK Perpanjang Masa Tahanan Tersangka Suap PLTU Riau-1 Eni Saragih

Penetapan PT DGI sebagai tersangka merupakan pengembangan penyidikan perkara yang sama dengan tersangka Direktur Utama PT DGI Dudung Purwadi dan pejabat pembuat komitmen, Made Maregawa. Dudung dihukum 4 tahun 8 bulan penjara dalam perkara ini.



Share :
Komentar :

Terkait

Read More