Forgot Password Register

Jangan Salah, Mengonsumsi Buah Bisa Membuat Kadar Gula Naik Lho!

Jangan Salah, Mengonsumsi Buah Bisa Membuat Kadar Gula Naik Lho! Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Buah memang terkenal baik untuk tubuh karena kandungan vitamin serta manfaatnya, sehingga para pelaku diet sering kali disarankan untuk rutin mengonsumsinya.

Baca juga: Waspada! Lemak di Bagian Ini Sangat Berbahaya

Tapi tidak semua buah baik untuk para diet, khususnya yang berat badannya tergolong obesitas dan diabetes. Dokter Gizi Raissa E Djuanda mengungkap ada beberapa buah dengan kadar gula yang cukup tinggi.

"Tapi harus hati-hati yang diabet, buah pun harus dihindari, kalau makan buah dulu kadang-kadang, gulanya bisa naik juga," ujarnya.

Buah-buah itu diantaranya Nanas, Mangga, Semangka dan Durian yang dikategorikan sangat tinggi kandungan gula, sehingga memicu naiknya gula darah.

Mungkin, banyak yang menanyakan aturan memakan buah sebelum makan apakah baik?, jawabannya adalah iya, karena kandungan serat akan membantu perut cepat kenyang, sehingga tidak makan banyak karbohidrat saat waktu makan.

"Lebih kayak biar perutnya udah krisis dulu, jadi kita kenyang dengan buah, karena buah kalorinya dikit. (Makan buah yang) seratnya tinggi, antioksidannya banyak, vitaminnya banyak, contohnya apel, pir, kiwi, anggur, itu bagus," tutupnya.

Baca juga: Sudah Olahraga dan Diet Tapi Berat Badan Tak Kunjung Turun? Jangan Kecewa, Mungkin Ini Penyebabnya

Sementara itu, dari hasil survei AIA  Healthy Living Index 2018, mirisnya ditemukan masyarakat Indonesia masih banyak yang enggan memakan makanan sehat, dengan berbagai alasan tertentu, diantaranya :

- 37 persen, menganggap tak efektif 

- 32 persen, membutuhkan banyak usaha

- 30 persen, bahan makanan sulit didapat

- 30 persen, terlalu mahal

- 29 persen, makanan lain lebih nikmat 

Share :
Komentar :

Terkait

Read More