Forgot Password Register

Ketua DPR Minta KPU Kembali ke Jalan yang Benar

Ketua DPR Bambang Soesatyo (Foto: Pantau.com / Dini Afrianti Efendi) Ketua DPR Bambang Soesatyo (Foto: Pantau.com / Dini Afrianti Efendi)

Pantau.com - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengimbau dan mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk kembali ke jalan yang benar. Pernyataan Bamsoet menanggapi polemik penerbitan PKPU oleh KPU Nomor 20 Tahun 2018 terkait pelarang eks koruptor maju menjadi calon legislatif (caleg).

"Pendapat saya pribadi, tentu saya mengimbau dan mendorong KPU untuk kembali ke jalan yang benar, mematuhi undang-undang yang ada karena bagi saya setiap lembaga yang diberikan wewenang oleh undang-undang harus taat oleh undang-undang, sebagaimana sumpah jabatan yang dia ucapkan waktu pelantikan," cetus Bamsoet di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Menurut politisi Golkar itu, cara yang dipakai KPU untuk menerbitkan PKPU terkait larangan eks koruptor nyaleg itu sudah menabrak aturan.

Baca juga: Resmi! Ini Peraturan KPU yang Larang Eks Koruptor Nyaleg

Hal itu, kata Bamsoet, bisa menaikan tensi suasana politik tanah air yang sedang berada menghadapi tahun politik.

"Nah KPU sebagai penyelenggara pemilu harusnya yang paling pertama menjaga tensi itu bukan malah memanaskan tensi tersebut," tuturnya.

Selain itu, Bamsoet mempersilahkan untuk teman-teman fraksi di DPR berencana mengajukan hak angket terhadap PKPU larangan eks koruptor nyaleg. "Bagi saya silahkan saja itu (hak angket PKPU) digulirkan," pungkasnya.

Sekadar informasi KPU telah menerbitkan PKPU Nomor 20 Tahun 2018 terkait larangan mantan narapidana koruptor untuk maju menjadi calon legislatif. Namun keputusan KPU itu rupanya menuai polemik dari berbagai kalangan salah satunya dari DPR RI.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More