Pantau Flash
Korsel Kucurkan USD74 Juta Garap Sistem Antidrone Antisipasi Ulah Korut
Menteri Energi Arab Saudi Targetkan Produksi Minyak Pulih Akhir September
Hindari Asap Karhutla, Satwa Liar Banyak Masuk ke Permukiman Warga
Karhutla di Indonesia Diprediksi hingga Akhir September
Data: Tren Penggunaan Robot pada Industri Indonesia Naik

Komedian Volodymyr Zelensky Resmi Dilantik Jadi Presiden Baru Ukraina

Komedian Volodymyr Zelensky Resmi Dilantik Jadi Presiden Baru Ukraina Komedian Volodymyr Zelensky secara resmi dilantik menjadi Presiden baru Ukraina. (Foto: Reuters/Valentyn Ogirenko)

Pantau.com - Komedian Volodymyr Zelensky secara resmi dilantik menjadi Presiden baru Ukraina dalam sebuah upacara peresmian di Ibu Kota Kiev.

Zelensky, yang tidak memiliki pengalaman politik sebelumnya, mencetak kemenangannya dalam pemilihan presiden Ukraina pada April lalu. Ia mengalahkan petahana Petro Poroshenko yang berkuasa sejak 2014.

Presiden baru itu berjanji untuk mengatasi korupsi dan mengakhiri perang dengan pemberontak Rusia di wilayah timur negara itu, seperyi dikutip BBC, Senin (20/5/2019).

Ada banyak perselisihan dilaporkan terkait dengan waktu pelantikan Zelensky. Ia meminta untuk diadakan pada Minggu, dalam hari berkabung untuk korban represi era Stalin di negara itu. Namun, parlemen tidak setuju dan memilih pelantikan dilakukan pada Senin, 20 Mei 2019.

Siapa Volodymyr Zelensky?

Zelwnskiy lahir pada 25 Januari 1987, dalam sebuah keluarga insinyur dan matematikawan di Kota Krivoy Rog di Dnipropetrovosk. Zelenskiy menjadi seorang penulis, director, dan penyiar dalam program Verherniy Kvartal, yang menjadi salah satu program dengan rating tinggi.

Zelensky (41), yang berperan sebagai seorang presiden dalam acara televisi populer di Ukraina, berhadapan dengan Petro Poroshenko dalam pemilihan presiden Ukraina.

Dalam serial televisi itu, Zelenskiy memerankan seorang guru sejarah yang menjadi presiden setelah memerangi korupsi dan mengubah susunan kabinet.

Aktor tanpa pengalaman politik itu menyatakan, dirinya akan bersaing untuk jabatan presiden pada malam tahun baru 2018, dan sejak saat itu ia memulai kampanye politiknya.

Zelenskiy, kandidat dari Partai Pelayan Rakyat berhasil memperoleh 73,2 persen suara, sedangkan Petro Poroshenko mendapat 25,3 persen.


Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Noor Pratiwi
Category
Internasional