Pantau Flash
Intake Manifold Plastik Diketahui Meleleh, Volvo Tarik 507.353 Kendaraan
Bima Sakti Tetapkan 23 Pemain Isi Skuad Garuda Asia di Piala AFF U-15
BNPB Sebut Tujuh Provinsi Ini Terdampak Kekeringan
KPK Benarkan Pemprov Papua Belum Berhentikan ASN Terlibat Korupsi
Atletik Juara Umum ASEAN Schools Games 2019

KPK Limpahkan 5 Tersangka Kasus Suap Meikarta ke Penuntutan

KPK Limpahkan 5 Tersangka Kasus Suap Meikarta ke Penuntutan Gedung KPK (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan proses penyidikan ke tahap penuntutan terhadap lima tersangka kasus suap terkait pengurusan perizinan proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Sore ini dilakukan pelimpahan barang bukti dan tersangka untuk lima orang tersangka dalam kasus suap terkait pengurusan perizinan proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi ke penuntutan," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Jumat (8/2/2019).

Baca juga: Penjelasan Mendagri Soal Isi Percapakannya dengan Bupati Bekasi Terkait Proyek Meikarta

Lima tersangka itu, yakni Bupati Bekasi periode 2017-2022 Neneng Hassanah Yasin (NHY), Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Jamaludin (J), Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Pemkab Bekasi Sahat MBJ Nahor (SMN), Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Bekasi Dewi Tisnawati (DT), dan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Neneng Rahmi (NR).

Persidangan terhadap lima orang itu direncanakan akan dilakukan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Bandung.

Sejak penetapan sebagai tersangka dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada 14 Oktober 2018, KPK telah memeriksa 22 saksi untuk para tersangka.

Baca juga: Jadi Saksi Terkait Suap Meikarta, Tjahjo Kumolo Hanya Diperiksa 2 Jam

Unsur saksi terdiri dari mantan gubernur Jawa Barat, anggota DPRD Bekasi, Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Bekasi, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemerintahan Kabupaten Bekasi, dan pihak swasta.

Sebelumnya, terdapat empat orang yang saat ini sudah menjadi terdakwa dan dalam proses persidangan di Pengadilan Tipikor Bandung, yakni Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro, konsultan Lippo Group masing-masing Taryudi dan Fitradjaja Purnama serta pegawai Lippo Group Henry Jasmen Sitohang.

Share this Post:
Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Adryan Novandia
Category
Nasional

Berita Terkait: