Forgot Password Register

KPK Panggil Dua Saksi Kasus Bupati Bandung Barat Abubakar

Gedung KPK  (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi) Gedung KPK (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil dua saksi dalam penyidikan kasus korupsi yang menjerat Abubakar, Bupati Bandung Barat periode 2013-2018. Saksi yang dipanggil adalah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Barat Apung Hadiat Purwoko dan Ade Wahidin berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Penyidik hari ini dijadwalkan pemeriksaan terhadap dua orang saksi untuk tersangka Asep Hikayat dalam kasus Bupati Bandung Barat," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Baca juga: Jadi Tersangka KPK, Bupati Bandung Barat Dipecat PDIP

Selain itu, KPK juga dijadwalkan memeriksa Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung Barat Weti Lembanawati sebagai saksi untuk tersangka Adityo. 

Untuk diketahui, Weti juga telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap tersebut.

Sebelumnya, KPK pada 11 April 2018 telah mengumumkan empat tersangka tersangka tindak pidana korupsi suap kepada Bupati Bandung Barat periode 2013-2018.

Diduga sebagai penerima, yakni Bupati Bandung Barat 2013-2018 Abubakar, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung Barat Weti Lembanawati, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Bandung Barat Adityo.

Baca juga: Mengaku Didatangi KPK, Bupati Bandung Barat Dicecar Soal Dana Pilkada

Sedangkan diduga sebagai pemberi, yaitu Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bandung Barat Asep Hikayat.

Bupati Bandung Barat diduga meminta sejumlah uang ke sejumlah Kepala Dinas untuk kepentingan pencalonan istrinya Elin Suharliah sebagai Bupati Bandung Barat 2018-2023.

Untuk mengumpulkan dana tersebut, Abu Bakar meminta bantuan Weti Lembanawati dan Adityo. Dalam kasus itu, KPK mengamankan barang bukti sebesar Rp435 juta.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More