Forgot Password Register

Krisis Kelaparan, PBB Berikan Bantuan Bulanan untuk 14 Juta Warga Yaman

Krisis Kelaparan, PBB Berikan Bantuan Bulanan untuk 14 Juta Warga Yaman Seorang perawat merawat anak perempuan yang kekurangan gizi di Yaman. (Foto: Reuters/Khaleed Abdullah)

Pantau.com - Program Pangan Dunia PBB (WFP) berencana untuk memberikan bantuan per bulan untuk 14 juta warga Yaman guna mencegah krisis kelaparan terbesar di dunia.

Dalam konferensi pers di Jenewa pada Jumat (9 November 2018), juru bicara WFP Herve Verhoosel mengatakan WFP memberikan bantuan kemanusiaan kepada 8 juta orang setiap bulan di Yaman.

Melihat krisis kelaparan di negara tersebut, ia mengatakan, jumlah orang yang menghadapi darurat rawan pangan dan dekat dengan kelaparan bisa meningkat menjadi 12 bahkan 14 juta orang.

Verhoosel juga menyinggung pelabuhan Al Hudayah untuk akses Yaman yang diblokade Arab Saudi agar segera dibuka.

"Pelabuhan perlu tetap teruka. Untuk masa depan, kita harus menjangkau lebih banyak orang. Kita akan membutuhkan lebih banyak lagi akses," ucapnya, seperti dikutip Anadolu, Sabtu (10/11/2018).

Baca juga: PBB Tuntut Gencatan Senjata Kemanusiaan di Yaman Guna Hindari Kelaparan

Yaman termasuk dalam negara miskin sejak dilanda konflik pada 2014, ketika pemberontak Syiah Al Houthi menguasai sebagian besar negeri tersebut, termasuk Ibu Kota Sanaa.

Konflik meningkat pada tahun 2015, di mana Arab Saudi dan sekutunya meluncurkan kampanye serangan udara sporadis di Yaman dengan tujuan mengambil alih kekuasaan Houthi.

Dalam beberapa bulan terakhir ini, pertempuran banyak terkonsentrasi di Al Hudayah. Lokasi kedua belah pihak yang memperebutkan pelabuhan strategis yang terletak di antara Laut Merah dan Teluk Aden.

Konflik di Yaman telah menghancurkan infrastruktur negara dan mendorong PBB untuk menggambarkan situasi di sana sebagai salah satu bencana kemanusiaan terburuk di zaman modern.

Baca juga: Iran Salahkan AS Atas Kejahatan Perang di Yaman

Share :
Komentar :

Terkait

Read More