Forgot Password Register

Liga 1 Janjikan Wasit Bakal Jauh dari Match Fixing

Liga 1 Janjikan Wasit Bakal Jauh dari Match Fixing Ilustrasi Match Fixing. (Foto: caughtoffside)

Pantau.com - Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Dirk Soplanit, menjanjikan bahwa wasit-wasit yang bertugas di Liga 1 2019 tidak akan ikut dalam praktik pengaturan skor. Maklum saja, sepakbola nasional beberapa waktu lalu dihantam isu pengaturan skor.

Untuk menghindari hal tersebut salah satu caranya adalah PSSI menjalin kerja sama dengan FA Inggris untuk membuat Badan Independen Wasit yang nantinya bertugas mengelola wasit-wasit di Liga 1 2019.

Cara di atas dinilai efektif untuk membuat wasit-wasit takut untuk ambil bagian dalam pekerjaan kotor itu. Badan independen itu juga tidak bakal bersentuhan dengan PSSI, PT. LIB, dan pihak klub karena akan dikelola oleh orang-orang profesional.

Baca Juga: Shopee Liga 1 2019 Resmi Diperkenalkan

“Paling tidak langkah tersebut adalah upaya. Jadi kalau selama ini wasit diatur dan ditugaskan PSSI, kali ini PSSI dan LIB tidak ikut campur. Semua dikelola badan independen," ujar Dirk di Senayan, Jakarta Pusat, Senin (13/5/2019).

"Ini yang kami harapkan, upaya yang dilakukan minimal ada pertanggungjawaban kami terhadap berbagai sorotan. Daripada kami ulang seperti yang lalu, ini sebuah hal yang harus kami lakukan," tambahnya.

Dirk Soplanit melanjutkan, PT LIB sudah menyiapkan konsekuensi bila nantinya ada tindakan pengaturan skor yang melibatkan wasit. Wasit tersebut akan langsung diberi hukuman oleh Badan Independen tersebut.

Baca Juga: LIB Janjikan Liga 1 2019 Bebas Pengaturan Skor dan Kekerasan 

Sementara pada musim ini tidak ada lagi peran Komite Wasit dan Departemen Wasit PSSI. Keputusan tersebut diambil karena citra Komite Wasit dan Departemen Wasit sedang buruk akibat adanya upaya pengaturan skor pada musim lalu.

"Badan Independen itu juga akan menilai wasit mana yang ditugaskan. Apabila ada kesalahan dari wasit, mereka bisa mengistirahatkan wasit tersebut, jadi PSSI tidak akan ikut campur lagi," tuntas Dirk Soplanit.

Liga 1 2019 akan bergulir tepat pada 15 Mei 2019 yang akan dibuka dengan laga PSS Sleman kontra Arema FC.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More