Forgot Password Register

Headlines

MA Izinkan Eks Koruptor Nyaleg, Golkar: Caleg Kami Bersih

MA Izinkan Eks Koruptor Nyaleg, Golkar: Caleg Kami Bersih Bendera Golkar (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Mahkamah Agung (MA) resmi membatalkan Peraturan KPU (PKPU) No. 20 Tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR dan DPRD. Dengan dibatalkannya aturan tersebut, maka eks koruptor diperbolehkan mengikuti pemilu legislatif 2019 mendatang.

Kendati demikian Ketua DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia mengatakan pihaknya tetap memastikan semua calon anggota DPR RI yang mengikuti pemilihan legislatif 2019 dari partainya tidak pernah tersangkut kasus korupsi.

Baca juga: MA Bolehkan Eks Koruptor Nyaleg, Ini Tanggapan KPK

"Tentu sekarang saya kira kembalikan ke aturan yang berikutnya kita serahkan ke KPU, tapi posisi Partai Golkar sudah jelas, kita ini salah satu tagline 'Golkar Bersih' kita sudah tunjukkan selama penyusunan caleg kita berusaha keras untuk tidak mengikutkan kader kita yang pernah terjerat masalah korupsi," ujarnya saat ditemui dalam diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (15/9/2018).

Meski begitu, untuk calon anggota DPRD Fraksi Golkar masih tercatat 4 orang yang pernah terjerat kasus korupsi. Pihaknya mengaku akan berkonsultasi lebih lanjut dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Baca juga: Ada di Posisi Tiga Hasil Survei, Golkar: Kekuatan Kami di Jaringan Partai

"Makanya kita akan pelajari tentu putusan MA ada konsekuensi hukumnya kita akan pelajari bagaimana kita juga akan konsultasi juga pada KPU," katanya.

"Tapi yang jelas kami punya keinginan supaya memang visi yang dikembangkan diinisiasi KPU untuk menciptakan suatu pemerintahan yang bersih DPR yang bebas korupsi itu kita dukung," pungkasnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More