Forgot Password Register

Mengapa Pemakaian Sabun Pembersih Muka Harus Dibuat Busa Lebih Dulu?

Mengapa Pemakaian Sabun Pembersih Muka Harus Dibuat Busa Lebih Dulu? Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Anggapan 'semakin banyak busa akan semakin bersih' sudah melekat di sebagian banyak pemikiran orang. Tapi tahukah kamu, mengapa jika ingin bersihkan muka, sabun harus lebih dulu dibuat busa?

Baca juga: Bahaya! Jangan Sering Gunakan Pembersih Wajah 'All in One'

Menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Dr.Anesia Tania mengatakan kandungan surfaktan yang berfungsi membersihkan yang ada dalam facial foam dapat larut dengan menggunakan air.

"Sebenernya sih tergantung produknya, kadang-kadang ada yang produknya dia enggak pakai busa, jadi non foaming dia pakai. Jadi busa itu campuran air dan surfaktan. Nah surfaktan itu fungsinya buat ngangkat minyaknya, terus dia ngelarutin di air, nah itu kenapa perlu di busa," tutur Dr.Anesia beberapa waktu lalu di Jakarta.

Kendati demikian ada pula produk pembersih tanpa busa yang sama-sama memberi efek membersihkan, seperti surfaktan yang diterapkan melalui gel ataupun krim.

"Cuma yang tidak mengandung foaming (busa) itu berarti dia pakai surfaktan-nya yang jenis lain, yang biasanya dia emang mile jadi dia enggak perlu bikin busa dia sudah ngangkat minyak, atau micellar water dia juga ada bagian yang ngangkat minyak dan bisa bagian yang larut di air, jadi enggak harus semuanya berbusa sih," paparnya.

Baca juga: Gunakan Tabir Surya Menghalangi Asupan Vitamin D, Tapi Mencegah Kanker

Pemeriksaan ingridience (komposisi) jadi hal yang penting untuk melihat apakah kandungan akan cocok atau tidaknya dengan wajah. Seringkali pula ada beberapa kandungan surfaktan yang cukup keras yang dapat mengangkat lipid barrier kulit wajah.

"Apakah surfaktan-nya jenis apa atau jenis sodium laurat sulfat atau cocos, atau macem-macem soalnya. Terus abis itu ada kandungan pelembabnya atau enggak, yang biasanya kalau explorieting yang asam-asaman ngeringin, jadi harus tetap lihat ingridience-nya, mau dia busa atau enggak," tutupnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More