Forgot Password Register

Headlines

On This Day: 34 Tahun Lalu Stadion di Inggris Terbakar, 56 Fans Tewas

On This Day: 34 Tahun Lalu Stadion di Inggris Terbakar, 56 Fans Tewas Kebakaran Valley Parade (Foto: Worldsoccertalk)

Pantau.com - Tepat hari ini 34 tahun yang lalu atau 11 Mei 1985, kejadian tragis terjadi di sepak bola Inggris. Sebanyak 56 orang meninggal dan 450 orang terluka akibat insiden kebakaran yang terjadi di Valley Parade Stadium, markas Bradford City, klub divisi 3 kala itu.

Pertandingan Bradford City kontra Lincoln City sejatinya adalah laga terakhir di kompetisi. Tuan rumah dipastikan lolos ke divisi 2 saat itu. 

Namun tak disangka, pertandingan yang seharusnya menjadi ajang pesta pendukung tuan rumah harus berakhir tragis. Memasuki menit ke-40, api tiba-tiba terlihat di sudut pojok kanan tribun. Api diduga disebabkan ulah seorang pendukung yang membuang puntung rokok sembarangan.

Baca juga: Ini Bukti Bangkitnya Sepakbola Inggris di Kompetisi Eropa

Pada saat itu, stadion di Inggris belum modern seperti saat ini. Kala itu stadion masih memakai kayu sebagai bahan utama pondasi, atap, dan kursi tribun. Hal itu pula yang disinyalir membuat api berkobar dengan cepat. Ditambah puntung rokok dibuang di atas tumpukan sampah yang terdapat di bawah tribun penonton.


Sebelum api berubah menjadi besar, sebenarnya salah seorang penonton telah menyadarinya. Suhu di sekitar lokasi berubah mendadak menjadi hangat. Saat itu dia mencari alat pemadam di belakang, namun tak ditemukan. 

Kepanikan pun melanda. Penonton berlarian karena sudah menyadari bahaya yang akan terjadi. Mendadak api membesar dan menghasilkan asap yang sangat pekat. Tak butuh waktu lama, api melahap habis tribun tersebut.

Baca juga: Cetak Hattrick, Aubameyang Bawa Arsenal ke Final Liga Europa

Mirisnya, saat api membesar, fans Bradford malah bernyanyi merayakan lolosnya klub itu ke kasta divisi 2. Mereka bernyanyi dan menari layaknya ritual suatu suku pedalaman yang membakar sesembahan di atas altar pengorbanan.

Tanpa mereka sadari, 56 orang rekan mereka tengah merasakan panasnya api yang membakar tubuh. 

Akibat kejadian naas itu, 56 orang tewas terpanggang dan 450 orang terluka.


Share :
Komentar :

Terkait

Read More