Forgot Password Register

Para Penyuap Kalapas Sukamiskin Segera Disidang

Para Penyuap Kalapas Sukamiskin Segera Disidang Lapas Sukamiskin (Foto: Antara/Novrian Arbi)

Pantau.com - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah merampungkan berkas pemeriksaan empat tersangka kasus suap Kalapas Sukamiskin, salah satunya Fahmi Darmawansyah.

Berkas penyidikan itu kemudian dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk disusun surat dakwaannya. 

"Hari ini dilakukan tahap 2 terhadap kasus suap Kalapas Sukamiskin. Barang bukti dan empat tersangka telah diserahkan kepada Jaksa Penuntut Umum KPK," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Yuyuk Andriati Iskak di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (16/11/2018). 

Baca juga: KPK Periksa Idrus Marham sebagai Saksi Eni Saragih dalam Kasus Suap PLTU Riau-1

Yuyuk menambahkan keempat tersangka tersebut telah dibawa ke Bandung karena akan menjalani proses sidang di Pengadilan Negeri Tipikor Bandung. "Tadi pagi sudah dibawa ke Bandung. Keempatnya akan menjalani proses sidang di PN Tipikor Bandung," ucapnya. 

Kasus suap Kalapas Sukamiskin ini bermula saat KPK melakukan operasi tangkap tangan di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat pada Jumat, 20 Juli 2018. Dalam operasi senyap tersebut KPK mengamankan sejumlah orang dan uang serta dua unit mobil. 

Kemudian pada gelar perkara KPK menetapkan empat orang sebagai tersangka yakni Kalapas Sukamiskin Wahid Husen, ajudan Kalapas Hendry Saputra, napi khusus pidana umum Andri Rahmat, dan napi korupsi perkara Bakamla yang menghuni Lapas Sukamiskin Fahmi Darmawansyah. 

Baca juga: Jaksa Ungkap Peran Idrus Marham dalam Pemberian Suap Kotjo pada Eni Saragih

Fahmi diduga telah menyuap Wahid dengan dua unit mobil dan uang sejumlah uang Rp279 juta serta USD1.410 agar diberikan fasilitas mewah di dalam lapas dan diberikan keleluasaan untuk keluar masuk penjara. Uang itu diberikan Fahmi lewat perantara Andri kepada Hendry. 

Sehari setelah operasi senyap, KemenkumHAM yang dipimpin oleh Dirjen Pemasyarakatan Sri Puguh Budi Utami melakukan sidak dadakan ke Lapas Sukamiskin. Hasilnya, KemenkumHAM menyita barang-barang mewah milik sejumlah narapidana yang seharusnya tidak boleh ada di dalam lapas.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More