Pantau Flash
Dilepas Klub Belgia, Firza Andika Gabung PSM Makassar
Awan Setho Cedera, Simon Panggil Teja Paku Alam
Manokwari Rusuh, Polisi Cari Penyebar Konten Video Provokasi
Kerusuhan Manokwari: 3 Polisi Jadi Korban, Kapolda dan Pangdam Dilempari
Fix! Donald Trump Tegaskan AS Tak Akan Berbisnis Dengan Huawei

PDIP: Jokowi-Ma'ruf Pemimpin Seluruh Rakyat, Pemilu Hanya Alat

PDIP: Jokowi-Ma'ruf Pemimpin Seluruh Rakyat, Pemilu Hanya Alat Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (Foto: Antara/ Galih Pradipta)

Pantau.com - Hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019 oleh KPU telah menetapkan Paslon Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang 55,49 persen. Sebagai partai utama pengusung paslon tersebut, PDIP menyatakan bahwa kemenangan Jokowi-Ma'ruf atas kehendak rakyat.

"Kami mensyukuri kemenangan ini. Inilah kemenangan rakyat. Namun kami ingin tegaskan, bahwa pemilu hanyalah alat mencari pemimpin. Pak Jokowi dan KH Ma'ruf Amin adalah Presiden dan Wapres kita semua. Pemimpin seluruh rakyat Indonesia," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/5/2019).

Baca juga: KPU Tetapkan PDIP Pemenang Pemilu 2019, Gerindra di Posisi Kedua

Hasto mengatakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri secara khusus juga telah memberikan selamat kepada Jokowi-Ma'ruf Amin. Mantan Presiden ke-5 itu berpesan, diperiode kedua ini, Jokowi diharapkan berkuasa dengan sepenuhnya diabdikan bagi kepentingan rakyat, bangsa, dan negara.

"Sebab periode kedua bagi Pak Jokowi ini memberikan basis legitimasi kekuasaan yang lebih besar. Dengan dukungan lebih dari 60 persen di DPR RI, maka penerintahan tidak hanya lebih solid, kuat, dan efektif.

Dengan kuatnya dukungan rakyat dan parlemen, maka gagasan mewujudkan Indonesia yang lebih berdaulat, berdikari, dan berkepribadian dalam kebudayaan akan dapat dicapai melalui perjuangan bersama. Syaratnya semua bersatu dan mengelola kekuasaan negara dengan cara gotong royong," papar Hasto.

Baca juga: PDIP: Kemenangan Jokowi di Jatim Adalah Kemenangan Rakyat!

PDIP meyakini Jokowi-Ma'ruf akan menempatkan konsolidasi politik nasional dengan semangat rekonsiliasi, merangkul seluruh komponen bangsa sesuai semangat Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda.

"Indonesia adalah bangsa besar. Pemilu 2019 telah menunjukkan capaian peradaban demokrasi Indonesia sehingga pemilu berjalan demokratis dengan partisipasi rakyat yang begitu tinggi, lebih dari 80 persen," pungkasnya.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Sigit Rilo Pambudi
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Reporter
Lilis Varwati
Category
Nasional

Berita Terkait: