Forgot Password Register

Headlines

Penggal, Tembak, hingga Meme, Ini 5 Kasus Penghinaan pada Jokowi

Penggal, Tembak, hingga Meme, Ini 5 Kasus Penghinaan pada Jokowi Presiden RI Joko Widodo (Foto: Antara)

Pantau.com - Di era digital saat ini, komunikasi antar individu ataupun kelompok seolah tanpa sekat. Pengguna media sosial bisa mengatakan apa saja untuk menyatakan pendapat. Namun, untuk mengatur hak asasi manusia, pemerintah membentuk Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE.

Menyandang status sebagai kepala negara, penghinaan kerap kali terjadi pada presiden dan lingkarannya. Masyarakat yang marah seringkali menjadikan presiden sebagai sasaran. Seperti kasus penghinaan baru-baru ini terhadap Presiden Joko Widodo dilakukan oleh Hermawan Susanto, pria yang mengancam akan memenggal kepala Jokowi di depan Gedung Bawaslu.

Siapa Saja Daftar Penghina Presiden Jokowi?

Berikut daftar kasus orang-orang yang menghina Presiden Jokowi.

Baca juga: Pria Pengancam Penggal Jokowi Sengaja Sembunyi Setelah Videonya Viral

1. Pemuda Ancam Tembak Jokowi

remaja ancam tembak jokowi

Pemuda penghina Jokowi. (Foto: Youtube)

Pemuda berumur 16 tahun itu ditetapkan sebagai tersangka atas kasus video viral yang meghina juga mengancam Jokowi melalui media sosial. Sebelumnya, beredar video viral aksi pemuda berbadan kekar yang melecehkan foto Presiden Jokowi. 

"Gue tembak loe ye. Jokowi gila, gua bakar rumahnya. Presiden gua tantang cari gua 24 jam, kalau nggak loe temuin gua, gua yang menang," kata S dalam video tersebut.

Kepada penyidik Polda Metro, S mengaku tidak ada maksud menghina Jokowi, tapi yang ia lakukan hanya sekedar berlomba dan bercanda bersama ke lima orang temannya. Oleh karenanya hingga saat ini penyidik belum meningkatkan status pelajar SMA itu.

2. Bahar bin Smith

habib bahar bin smith hina jokowi banci

Bahar bin Smith. (Foto: Antara)

Habib Bahar bin Smith resmi ditetapkan sebagai tersangka. Ia disebut telah menghina Presiden Jokowi dalam salah satu ceramahnya yang menyebutkan bahwa Presiden Jokowi adalah banci sedang haid dan antek China.

"Kamu kalau ketemu Jokowi, kalau ketemu Jokowi, kamu buka celananya jangan-jangan haid Jokowi itu, kayaknya banci itu," ucap Bahar dalam video yang diunggah ke YouTube.

Baca juga: 5 Tokoh Pendukung Prabowo Subianto yang Terjerat Kasus

3. Siswa SMK MFB di Medan

MFB, siswa SMK di Sumatera Utara ditangkap karena mengunggah sebuah foto sedang mengijak foto Presiden Jokowi dalam akun Facebook-nya.  

Bukan saja menghina Jokowi, remaja asal Medan itu juga melakukan penghinaan kepada Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian. Akibat tindakannya, MFB divonis hukuman penjara 1,5 tahun.

4. Santri Pembuat Meme dengan Konten Penghinaan

Burhanudin (20), seorang santri di pesantren di Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, ditangkap Tim Cyber Crime Polda Jawa Timur.

Ia ditangkap lantaran membuat meme dengan konten yang menghina pemerintah, termasuk Jokowi di akun Facebooknya, Elluek Ngangenniee.

Kepada polisi, Burhanudin mengaku terbawa emosi melihat isu-isu agama Islam yang menurut dia direndahkan dan akhirnya membuat meme-meme bernada menjelekkan dan menghasut.

5. HS Ancam Penggal Jokowi di Depan Kantor Bawaslu

hermawan susanto ancam penggal kepala jokowi

Pria berjaket coklat lontarkan ucapan yang tak pantas. (Foto: Tangkapan Layar Video)

Kasus terbaru penghinaan terhadap Presiden Jokowi dilakukan oleh Hermawan Susanto atau HS. Ia ditetapkan sebagai tersangka akibat sebuah video viral di media sosial. 

Dalam video yang beredar dengan latar aksi demonstrasi di depan kantor Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jumat, 10 Mei 2019. HS mengancam akan memenggal kepala Presiden Jokowi. “Dari Poso nih siap penggal kepalanya Jokowi, Insya Allah Allahuakbar,” ucap pria berjaket cokelat tersebut.

Hermawan ditangkap di rumah kerabatnya, di Perumahan Metro Parung, Parung, Bogor, Jawa Barat, Minggu pagi, 12 Mei 2019. HS (25), diketahui berprofesi sebagai karyawan di salah satu yayasan Badan Wakaf Al-Qur'an.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More