Pantau Flash
Mabes TNI Bentuk Tim Bantuan Hukum untuk Kivlan Zen
Dua Tahun Korupsi, Pjs Dirut PD Pasar Bermartabat Bandung Jadi Tersangka
Pengungsi Masih Kekurangan Tenda Pasca Sepekan Gempa Halmahera Selatan
Plt Ketum PPP Temui Surya Paloh Bahas Kursi Ketua MPR
Ungkit Kemesraan dengan PDIP di Era SBY, Demokrat Inginkan Kursi Ketua MPR

PSI Sentil Partai Nasionalis Gadungan, Gerindra: Grace Nyindir PDIP

Headline
PSI Sentil Partai Nasionalis Gadungan, Gerindra: Grace Nyindir PDIP Partai Gerindra (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie menyebut banyak partai yang mengaku nasionalis tapi gadungan, lantaran malah meloloskan perda-perda agama yang diskriminatif.

Hal ini disampaikan Grace di Festival 11 Yogyakarta yang bertempat di Grha Pradipta Jogja Expo Center pada Senin, 11 Februari 2019 . Acara dihadiri oleh sekitar 2.000 peserta yang terdiri dari pengurus, kader, dan simpatisan PSI.

"Mengaku nasionalis tapi ikut meloloskan perda-perda agama yang diskriminatif. Mengaku nasionalis tapi ambil bagian dalam kekuatan politik tengah yang bungkam ketika rumah-rumah ibadah ditutup dan orang-orang seperti Ibu Meliana dipersekusi. Mengaku nasionalis tapi rutin mengirim kader-kader mereka ke KPK," sindir Grace dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Ajak Pemilih Tidak Golput, Mahfud MD: Hak Pilih Adalah Hadiah Eksklusif

"Kalau ada orang menyebut dirinya nasionalis, tapi di belakang masih mengadu domba masyarakat dan gemar mencuri uang rakyat. Mereka lebih pantas kita sebut nasionalis gadungan!," lanjutnya.

Pernyataan Grace tersebut rupanya mendapat respon dari Anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra Andre Rosiade. Andre mengaku bahwa partai besutan Prabowo Subianto itu tidak tersinggung dengan pernyataan mantan presenter berita itu.

"Kalau Gerindra ini partai nasionalis religius, partai yang paling lengkap kebhinekaannya. Kami punya sayap Islam, lalu ada sayap Kristen, Katolik ada, Hindu, Budha ada, kami paling lengkap, jadi kami nasionalis religius," kata Andre kepada wartawan, Rabu (13/2/2019).

Andre merasa heran dengan maksud pernyataan terkait partai nasionalis gadungan. Menurutnya, Partai Gerindra selama ini selalu menjadi partai untuk semua golongan.

Baca juga: Ridwan Saidi: Jokowi Seperti Orang yang Sudah Tahu Bakal Kalah

"Saya enggak ngerti maksud PSI seperti apa, tapi biasalah partai sensasional Indonesia selalu mencari sensasi, karena itu strateginya PSI," ungkapnya.

Lebih lanjut, justru Andre melemparkan nada sarkas kepada PDI Perjuangan terkait ucapan Grace. Andre menilai bahwa pernyataan Grace tersebut malah menyinggung partai berlambang banteng tersebut.

"Kalau kader paling banyak di KPK ya PDIP dong, yang paling banyak ditangkap KPK PDIP. Berarti kan itu partai pendukung Pak Jokowi, jadi kelihatannya Grace memang menyindir koalisinya," tandasnya.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Adryan Novandia
Reporter
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional

Berita Terkait: