Pantau Flash
The Fed Turukan Suku Bunga, Rupiah Diprediksi Menguat
BMKG Keluarkan Peringatan Dini untuk Wilayah Perairan Indonesia
PBNU Ikut Komentar Soal Kenaikan Cukai Rokok Berdampak ke Petani Tembakau
PKB Pastikan Beri Bantuan Hukum untuk Imam Nahrawi
Indonesia Hancurkan Kepulauan Mariana Utara 15-1

Sidang ke 2 MK, KPU Akan Jelaskan Status Ma'ruf Amin di Bank Syariah

Headline
Sidang ke 2 MK, KPU Akan Jelaskan Status Ma'ruf Amin di Bank Syariah ilustrasi (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadillah)

Pantau.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pihak termohon dalam sidang gugatan sengketa Pilpres 2019 yang diajukan oleh paslon 02 Prabowo-Sandi mengaku bahwa pihaknya siap menghadapi sidang kedua di Mahkamah Kosntitusi (MK), Selasa (18/6/2019).

Komisioner KPU Hasyim Asy'ari menjelaskan bahwa pihak akan menjawab berbagai hal yang relevan dengan gugatan pemohon yakni pihak 02.

Baca juga: KPU Keberatan Kubu 02 Sampaikan Gugatan Perbaikan, Ini Jawaban MK

"Ya kita jawab. Semua dijawab yang relevan-relevan saja," ujar Hasyim di Gedung MK, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (18/6/2019).

Hasyim menegaskan bahwa pihaknya nanti juga akan menjawab mengenai status cawapres nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin di Bank Syariah yang dipermasalahkan oleh pihak pemohon yakni kubu 02 dalam gugatannya.

"Iya. Itu (status Ma'ruf Amin) akan dijawab KPU. Paslon itu kan mendaftarnya di KPU ya. Pemenuhan syarat juga ke KPU. Yang meneliti dokumen administrasi juga KPU. Kalo ga dijawab nanti KPU dianggap gak profesional. Akan kita jawab semua," ungkapnya.

Sementara di lain sisi, Hasyim mengungkapkan, untuk menjawab semua gugatan yang dilayangkan pihak paslon 02 ke MK pihaknya telah menyiapkan ribuan barang bukti dan alat bukti untuk menjelaskan.

Baca juga: KPU Merasa Salah Posisi di Sidang Sengketa Pilpres, Apa Sebabnya?

"Sepanjang yang saya ketahui, yang kita sudah serahkan 12 Juni lalu. Seinget saya ada 6000an alat bukti. Sekarang jawaban kita 300 halaman," tandasnya.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Sigit Rilo Pambudi
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Reporter
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional

Berita Terkait: