Forgot Password Register

SMRC: Jokowi Masih Unggul Meski Undecided Voters Tentukan Pilihan

SMRC: Jokowi Masih Unggul Meski Undecided Voters Tentukan Pilihan Ilustrasi (Foto: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau.com - Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) telah merilis hasil elektabilitas kedua pasang calon (paslon) Presiden dan Wakil Presiden tepat seminggu sebelum penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan itu.

Pada hasil survei elektabilitas yang mengunggulkan paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan selisih 19,8 persen dengan respons yang belum atau merahasiakan pilihannya sebesar 6,3 persen.

Baca juga: Survei SMRC: Jokowi-Ma'ruf Unggul 19,8 Persen Atas Prabowo-Sandi 

Akan tetapi, jika responden yang belum atau merahasiakan pilihannya diprediksi terhadap pilihannya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Joko Widodo-Ma'ruf Amin tetap unggul dari rivalnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Setelah undecided (responden yang belum atau merahasiakan pilihannya) diprediksi pilihannya, maka elektabilitas Jokowi-Amin 56-60,5 persen dan Prabowo-Sandi 39,5-44 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen," ucap Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, Jumat (12/4/2019).

Selain itu, dari data hasil survei, kata Deni, kedua paslon juga memiliki para pemilih yang loyal atau tak merubah pilihannya. Tercatat, dalam survei yang dilakukan pada 5-8 April 2019, Joko Widodo-Ma'ruf Amin memiliki pendukung loyal lebih besar.

"Pasangan Jokowi-Ma'ruf memiliki pendukung kuat (strong voters) 50,4 persen dan Prabowo-Sandi memiliki pendukung kuat 32,5 persen," cetus Deni.

Baca juga: Survei SMRC: Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 54,9%, Prabowo-Sandi 32,1% 

Diberitakan sebelumnya, Elektabilitas Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebesar 56,8 persen. Sedangkan, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebesar 37 persen. Data tersebut merupakan hasil surveri yang dilakukan selama 5-8 April 2019.

Meski demikian, dari hasil surveri itu masih terdapat sekitar 6,3 persen responden yang belum atau merahasiakan pilihannya. "Secara statistik, Jokowi-Ma'ruf Amin unggul sekitar 19,8 persen dari Prabowo-Sandi," ucap Direktur Riset SMRC, Deni Irvani.

Survei SMRC melibatkan 2.568 orang dari seluruh provinsi di Indonesia. Namun, responden yang berhasil diwawancarai hanya 2.285 orang, dengan Margin of Error survei 2,1 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More