Forgot Password Register

Soal Kesepakatan Nuklir Iran, Ini Kata PBB

Ilustrasi PBB (Foto: Reuters/Brendan McDermid) Ilustrasi PBB (Foto: Reuters/Brendan McDermid)

Pantau.com - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendesak pihak-pihak lain yang masih berkomitmen pada kesepakatan nuklir Iran (JCPOA).

Seperti diketahui, Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan mundur dari kesepakatan yang telah disepakati sejak tahun 2015 lalu.

Baca juga: 'Tamparan' Keras Obama untuk Donald Trump

Guterres mengatakan dalam pernyataan bahwa ia "sangat prihatin" atas keputusan Trump.

"Penting bahwa semua keprihatinan menyangkut penerapan rencana itu disampaikan melalui mekanisme yang telah dibentuk dalam JCPOA. Masalah-masalah yang tidak terkait langsung dengan JCPOA harus disampaikan tanpa prasangka untuk menjaga kesepakatan dan pencapaiannya," kata Guterres.

Presiden Donald Trump mengatakan, Amerika Serikat menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran. Kesepakatakan tersebut merupakan perjanjian bersejarah pada tahun 2015 lalu. 

Baca juga: Bendera Dibakar Hingga Nyanyian 'Death of America' dari Parlemen Iran

Keputusan itu diungkapkan Trump dalam pidato yang disiarkan melalui televisi. Ia menambahkan bahwa dirinya tidak akan menandatangani surat pelepasan sanksi-sanksi atas Iran terkait nuklir.

Trump mengulang sikap tegasnya soal kesepakatan tersebut, yang dianggapnya gagal mencegah Iran mengembangkan senjara nuklir atau mendukung terorisme di kawasan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More