Pantau Flash
Fakhri Husaini Bantah Pamit dari Timnas U-19
Bom Mobil Terjang Demonstrasi Anti Pemerintah di Irak, 4 Orang Tewas
Menangi Perang Saudara, Ginting ke Final Hong Kong Open 2019
Hasil Kualifikasi MotoGP Valencia 2019: Quartararo Kalahkan Marquez
Polda Sumut Tetap 18 Tersangka dalam Serangan Bomber di Polrestabes Medan

Tak Jamin Sukses, Tapi Digitalisasi Dorong Perusahaan 10 Tahun ke Depan

Tak Jamin Sukses, Tapi Digitalisasi Dorong Perusahaan 10 Tahun ke Depan Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Transformasi digital telah menjadi tema utama di antara semua perusahaan dalam 10 tahun ke depan, menurut konferensi pers dari perusahaan riset pasar International Data Corporation (IDC) pada hari Kamis (12 September 2019).

Lebih dari 70 persen dari 1.000 perusahaan besar China telah mengambil transformasi digital sebagai inti strategis mereka pada 2018, dan 65 persen dari PDB Tiongkok akan terkait dengan data pada tahun 2022, sementara PDB dunia yang terhubung ke data akan mencapai 60 persen, sesuai penelitian dari IDC.

Baca juga: Tak Ada Google Map Hingga Youtube di Ponsel Huawei Yang Baru

Perusahaan China mencari transformasi digital yang komprehensif, yang telah meluas ke informasi dan data, pengalaman pelanggan, sumber daya kerja dan banyak lagi.

"Sama seperti kata-kata dari seorang CEO, transformasi digital tidak menjanjikan kesuksesan, tetapi tidak melakukan apa pun pasti akan mengarah pada kegagalan," kata Kitty Fok, direktur pelaksana IDC China.

Lebih dari 40 persen perusahaan China telah menjadi pendukung kuat dalam digital, tetapi transformasi digital masih menghadapi banyak tantangan, kata Kitty.

Sistem penilaian yang usang, struktur organisasi yang terisolasi, perencanaan taktis yang picik, pengalaman dan keterampilan yang terbatas, dan kolaborasi inovasi yang tidak memadai adalah masalah umum selama dorongan transformasi global, menurut Kitty.

Baca juga: Huawei Luncurkan Ponsel Baru Tanpa YouTuber, Gmail dan Google Map

Dilansir China Daily, di China, perusahaan menghadapi tantangan unik seperti penyimpangan kognitif, tahap pengembangan yang tidak jelas, anggaran yang tidak mencukupi, dan kesulitan penilaian nilai.

Transformasi digital perusahaan China telah menunjukkan empat karakteristik baru, tambah Kitty, yaitu data yang semakin dihargai dan kecerdasan; semakin pentingnya ujung tengah (platform untuk menghubungkan ujung depan dan ujung belakang sebuah perusahaan) dan ekologi; integrasi perangkat lunak dan perangkat keras untuk model bisnis baru; dan transformasi digital yang lebih matang.

IDC juga merilis daftar penghargaan untuk perorangan, perusahaan dan institusi di Tiongkok yang telah memimpin dalam transformasi digital. Lima puluh lima proyek luar biasa dan 16 angka tahunan memenangkan penghargaan keunggulan 2019 IDC China Digital Transformation Awards tahun ini.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: