Pantau Flash
BI Prediksi Turis Muslim Akan Capai 158 Juta Orang Tahun Depan
Utang Luar Negeri Indonesia Menjadi 395,6 Miliar Dolar AS
Tol Terpeka Digratiskan Selama Sebulan
Tol Terpeka Diklaim Jadi Jalur Produktif Pulau Sumatera-Jawa
Rupiah Menguat 20 Poin, Kini di Angka Rp14.058-14.120

Terdampak Sanksi Trump, Kuba Terancam Krisis Energi

Terdampak Sanksi Trump, Kuba Terancam Krisis Energi Warga antre untuk mengisi bensin di sebuah pom bensin di Havana, Kuba, 11 September 2019 (Foto: AP)

Pantau.com - Presiden Kuba mengatakan pulau itu menghadapi krisis energi karena kelangkaan bahan bakar diesel yang parah, yang menurutnya disebabkan oleh sanksi-sanksi ekonomi yang diberlakukan Amerika.

Presiden Miguel Diaz Canel, mengatakan distribusi produk-produk akan terhambat karena pengurangan transportasi dan energi listrik. Tetapi ia mengatakan Kuba tidak sedang menghadapi “periode khusus,” mengacu pada krisis ekonomi di negara komunis itu yang dialami sewaktu Uni Soviet runtuh.

Baca juga: Operasi Blok Migas Tua Butuh Sentuhan Inovasi Teknologi

Diaz-Canel mengatakan sebuah kapal pemasok dijadwalkan tiba hari Sabtu dengan membawa bahan bakar diesel.

Ia mengatakan kelangkaan bahan bakar itu disebabkan oleh meningkatnya sanksi-sanksi yang diberlakukan pemerintahan Trump, yang sedang berupaya menekan Havana agar berpaling dari Venezuela, sekutu dan pelindung utamanya.

Menteri Ekonomi Alejandro Gil mengatakan sebagian industri yang dikelola negara akan menghentikan produksi karena kelangkaan bahan bakar itu.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Nani Suherni
Category
Ekonomi

Berita Terkait: