Forgot Password Register

Ternyata Rencana Pembangunan Tol TransJawa Lebih dari 20 Tahun

Ternyata Rencana Pembangunan Tol TransJawa Lebih dari 20 Tahun Grafis (Jasa Marga)

Pantau.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengisahkan bahwa pembangunan tol Trans Jawa telah dicanangkan sejak 1996 namun baru mulai direalisasikan 2015 lalu.

"Yang paling utama terasa mungkin, bapak-bapak sekalian yang kemarin pulang mudik, InsyaAllah tidak terlalu macet karena memang BUMN betul-betul menekankam bagaimana bisa membangun lebih cepat. Salah satu yang utama akhir 2015 BUMN bersinergi bersama-sama BUMN karya menekankan bagaimana konektivitas tol Transjawa bisa terealisasi," ujarnya saat pemaparan dalam acara di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Ia menambahkan, mulanya proyek Transjawa terhambat proses pembebasan lahan sehingga dari swasta kemudian diambil alih pengerjaannya oleh BUMN.

"Transjawa ini dicanangkan 1996 dan tidak bisa terealisasi ada 8 trase/ potongan jalan tol di Jawa yang tidak dikerjakan. Akhirnya kami putuskan bersama kita ambil alih kita beli yang izinnya dimiliki swasta," katanya.

Baca juga: Soal Kisruh Garuda, Luhut: Saya Enggak Tahu Lagi, Tugas Saya Selesai

"Waktu itu kita beli kembali kita merekomendasikan kepada pemerintah kita bebaskan dulu lahannya, saat ada dana nya pemerintah membayar kepada kami untuk pengembalianannya," imbuhnya.

Dengan skema tersebut akhirnya tol Trans Jawa sudah mengalami progres dan akhir tahun ini ditargetkan dapat selesai sepanjang 1.000 kilometer yang tersambung dari Merak hingga Probolinggo.

"Sehingga kita menekankan, bahwa akhir 2018 ini tol Transjawa- Merak-Probolinggo bisa terselesaikan. Sebagain sudah diselesaikan saat mudik," ungkapnya.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More