Forgot Password Register

Terseret Kasus Tabrakan Maut, Putera Presiden Ini Dipanggil Pengadilan

Presiden Afsel Jacob Zuma. (Foto: Reuters) Presiden Afsel Jacob Zuma. (Foto: Reuters)

Pantau.com - Duduzane, putera mantan presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, dipanggil untuk tampil di pengadilan pada pekan depan guna menjawab tuduhan pembunuhan atas tabrakan maut pada 2014.

Jaksa semula memutuskan tidak menuntut Duduzane sesudah mobil "sport" Porsche 911-nya menabrak taksi di Johannesburg, menewaskan seorang wanita dan melukai seorang lain, yang kemudian meninggal di rumah sakit.

Baca juga: China Keluarkan Larangan Berkunjung ke Amerika Serikat

Badan Penuntutan Negara (NPA) mengubah keputusan setelah ayah Duduzane digulingkan dari jabatan kepala negara oleh Kongres Nasional Afrika, yang berkuasa, pada Februari.

Jaksa pada awalnya memberi Duduzane Zuma dua bulan untuk mengatakan mengapa dia tidak harus diadili, tapi menyatakan bahwa ia tidak melakukannya hingga tenggat pada akhir Maret. Mereka pada April menyatakan akan menuntut Duduzane dengan pembunuhan.

Phindi Mjonondwane, wanita juru bicara NPA, kepada Reuters pada Selasa menyatakan Duduzane dipanggil untuk tampil di Pengadilan Randburg di Johannesburg pada 12 Juli dan jaksa memperkirakan ia hadir.

Baca juga: Najib Razak Ditangkap KPK Malaysia, LSM Ancam Bakal Demo

Upaya mencapai Duduzane, yang jarang berbicara dengan media, tidak berhasil. Pengacaranya belum memberikan tanggapan.

Selama pemeriksaan pada 2014, Duduzane menyatakan mobilnya menabrak genangan air dan ia kehilangan kendali lalu membelok ke taksi itu, yang kemudian menabrak pembatas, serta menyebut kejadian itu mengenaskan.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More