Pantau Flash
Ketua DPRD DKI: 31 Agustus Batas Terakhir Pemprov Urusi Pencari Suaka
Polri Klaim Situasi Papua Barat Kondusif
Kapolda: Kamtibmas Papua Sudah Kondusif dan Aman
Ibu Kota Indonesia Pindah ke Kalimantan Timur
Trump Serang Ford Karena Tak Mendukung Efisiensi Bahan Bakar

Tindak Lanjut Pencemaran Maskapai Garuda, Polisi Periksa Saksi-saksi

Tindak Lanjut Pencemaran Maskapai Garuda, Polisi Periksa Saksi-saksi Pengumuman yang dicabut Garuda Indonesia (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Polisi terus mendalami kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan PT Garuda Indonesia terhadap dua YouTubers Rius Vernandes dan Elwiyana Monica. Saat ini, beberapa orang saksi telah diperiksa.

Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno Hatta, AKP Alexander Yuriko mengatakan saksi yang diperiksa seluruhnya berasal dari perusahaan penerbangan itu.

"Ada empat saksi, semuanya dari pihak Garuda. Diperiksanya sudah sejak hari Senin sama Selasa," ucap Alex saat dikonfirmasi, Kamis (18/7/2019).

Baca juga: Soal Polemik Foto Menu, Ombudsman Sarankan Garuda Benahi Manajemen Krisis

Usai memeriksa saksi dari pihak Garuda Indonesia, sambung Alex, penyidik juga telah mengagendakan pemeriksaan terhadap kedua terlapor. Rencananya, pemeriksan itu diagendakan pada Selasa, 23 Juli 2019.

"Rencananya diagendakan terlapor akan diperiksa pekan depan," ungkap Alex.

Diberitakan sebelumnya, pasangan youtuber, Rius Vernandes dan Elwiyana Monica dilaporkan PT. Garuda Indonesia atas dugaan pencemaran nama baik lantaran mengunggah foto kartu menu kelas bisnis yang hanya ditulis tangan.

Kapolres Bandara Soekarno Hatta, Kombes Pol Victor Togi Tambunan membenarkan ikhwal pelaporan tersebut. Menurutnya, laporan itu lantaran foto kartu menu diunggah di Instastory akun Instagram @rius.vernandes pada Sabtu, 13 Juli 2019.

"Benar ada laporan dari pihak PT. Garuda Indonesia," ucap Victor dalam keterangnya, Selasa, 16 Juli 2019.

Persoalan itu bermula saat foto menu makanan dengan format tulisan tangan di penerbangan kelas bisnis Garuda Indonesia rute Sydney-Denpasar viral di media sosial.

Kabar itu sendiri awalnya diunggah oleh akun Instagram milik Rius Vernandes, sebelum disebarkan lewat media sosial lain.

Baca juga: Belum Diterapkan, Garuda Indonesia Cabut Larangan Memotret

"Menu yang dibagiin tadi di Business Class @garuda.indonesia dari Sydney-Denpasar. Menunya masih dalam proses percetakan Pak," tulis akun @rius.vernandes.

Sementara, pihak Garuda Indonesia sendiri telah memberikan klarifikasi lewat akun Twitter mereka @IndonesiaGaruda.

"Dapat kami sampaikan bahwa ini bukan kartu menu untuk penumpang, melainkan catatan pribadi awak kabin yang tidak untuk disebarluaskan. Terima kasih," tulis akun @IndonesiaGaruda.



Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Sigit Rilo Pambudi
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Reporter
Rizky Adytia Pramana
Category
Nasional

Berita Terkait: