Pantau Flash
Catat! Ini Janji Menko Luhut Soal Solusi Masalah Sawit Indonesia
Menlu Iran: AS Tak Bisa Bikin Teluk Persia Kacau
Dari 20 Nama 4 Anggota Polri Lolos Profile Assessment Jadi Capim KPK
Dirut Jasa Marga Dukung Pemindahan Ibu Kota: Tol di Kalimantan Sudah Ada
Kapolsek Sukajadi Diperiksa karena Diduga Kirim Miras ke Mahasiswa Papua

Ungkit Kemesraan dengan PDIP di Era SBY, Demokrat Inginkan Kursi Ketua MPR

Headline
Ungkit Kemesraan dengan PDIP di Era SBY, Demokrat Inginkan Kursi Ketua MPR Gedung DPR/MPR (Foto: Pantau.com/Yusuf Fadillah)

Pantau.com - Waketum Partai Demokrat, Syarief Hasan ingin mengulang kemesraan dengan PDI Perjuangan seperti masa 2009-2014, saat kursi ketua DPR diisi Partai Demokrat dan kursi Ketua MPR diisi PDIP.

Pada periode kali ini, Demokrat berharap hal serupa akan terulang namun partai berlambang mercy itu mengincar kursi ketua MPR.

Menurut Syarief, Demokrat mempunyai sejarah kedekatan dengan PDIP. Meski kala itu Demokrat menjadi pemenang pemilu, tapi hubungan dengan PDIP sebagai oposisi berlangsung baik dan mesra.

"Jadi 2009-2014 saya pikir masa-masa mesranya Demokrat dengan PDIP. Pada saat itu Partai Demokrat ketua DPR, PDIP jadi ketua MPR. Dan itu didukung penuh oleh partai Demokrat. Bahkan saya sempat juga berkunjung ke rumahnya Ibu Megawati pada saat itu," kata Syarief di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Baca juga: Parpol Gaduh Berebut Kursi Ketua MPR, Begini Kata PAN

Syarief menilai jika kemesraan PDIP dengan Demokrat kemudian terulang pada periode 2019-2024 maka menurutnya hal tersebut baik untuk bangsa ke depan.

"Jadi kalau saja ya, dan bila temen-temen setuju dan PDIP juga setuju, mudah-mudahan, kalau saja terjadi ketua DPR-nya adalah PDIP, mungkin bagus juga kalo MPR-nya itu dijabat oleh Partai Demokrat," ungkapnya.

Lebih lanjut, menurutnya, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah menyiapkan kader terbaiknya untuk dijadikan Ketua MPR RI. Namun, hal itu kembali kepada perkembangan komunikasi dengan partai politik lain. Pasalnya, pemilihan kursi MPR ditetapkan melalui sistem paket sesuai UU MD3.

"Kami memang sebenarnya juga ingin gitu ya, tetapi kita lihat nanti perkembangannya. Ini kan lobi politiknya bagaimana di fraksi dan pimpinan-pimpinan partai politik yang lainnya," tuturnya.

Baca juga: Klaim Demi NKRI, Gerindra: Kursi Ketua DPR Buat PDIP, Ketua MPR Buat Kami

"Saya pikir itu sudah dipikirkan oleh ketua umum Partai Demokrat. Tinggal menunggu timing-nya saja, waktunya, kapan untuk dimulai lobi-lobi fraksi dan lobi-lobi antar ketua umum," sambungnya.

Share this Post:
Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia
Penulis
Adryan Novandia
Reporter
Bagaskara Isdiansyah
Category
Nasional

Berita Terkait: