Forgot Password Register

Waduh, 4 Terpidana Mati Ini Minta Nego Cara Hukumannya

Waduh, 4 Terpidana Mati Ini Minta Nego Cara Hukumannya Ilustrasi eksekusi mati. (Pixabay)

Pantau.com - Empat orang terpidana mati di Tennessee lebih memilih mati di tembak dari pada duduk di kursi listrik. Hal itu disampaikan oleh keempat terpidana dalam gugatan di mahkamah negara bagian.

Melansir Sputnik, Kamis (8/11/2018), gugatan tersebut diajukan hari Jumat setelah mengeksekusi Edmund Zagorski yang berusia 63 tahun pada malam sebelumnya. Zagorski telah meminta mati dengan suntikan kimia dari pada disengat listrik.

Baca juga: Netanyahu Dukung RUU Hukuman Mati Bagi Warga Palestina

Banyak eksekusi yang melakukan dengan suntikan mematikan selama beberapa tahun terakhir telah gagal karena negara-negara berebut mencari obat untuk menggantikan obat yang dirampas oleh para produsen untuk digunakan dalam hukuman modal.

Pengacara Zagorski berpendapat bahwa listrik lebih manusiawi daripada koktail yang salah satu dari tiga jenis narkoba digunakan di Tennessee, yang telah menghukum sebagai bentuk penyiksaan oleh beberapa ahli, menurut NPR.

Mahkamah Agung telah mengeluarkan seruan Zagorski di mana dia meminta putusan tentang konstitusionalitasnya karena dia dipaksa untuk memilih antara suntikan mematikan atau listrik.

Baca juga: Mattari, WNI yang Bebas dari Hukuman Mati di Malaysia

Keempat narapidana bahkan memilih tempat di mana mereka ingin ditembak sampai mati.

"Gugatan itu mengatakan bahwa Big Buck Shooting Range, di atas dasar Riverbend Maximum Security Institution, agar dapat dengan mudah mengakomodasi peralatan kecil apa yang diperlukan untuk eksekusi oleh regu tembak," lapor Nashville Tennessean.

Hanya Mississippi, Oklahoma, dan Utah yang mengizinkan dilakukannya regu eksekusi, tetapi biasanya tidak digunakan. (Hazar Dwi Rahmat)

Share :
Komentar :

Terkait

Read More