Forgot Password Register

Wapres AS: Sudah Waktunya PBB Akui Oposisi Venezuela Juan Guaido

Wapres AS: Sudah Waktunya PBB Akui Oposisi Venezuela Juan Guaido Wakil Presiden AS Mike Pence. (Foto: Reuters/Carlos Barria)

Pantau.com - Wakil Presiden AS Mike Pence mendesak PBB untuk mengakui pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido sebagai pemimpin sah negara itu, Rabu, 10 April 2019.

Amerika Serikat merupakan negara pertama yang mengakui Guaido hanya beberapa jam setelah ia menyatakan dirinya sebagai Presiden sementara bangsa Amerika Latin pada bulan Januari. Organisasi blok regional dan 54 negara Amerika Serikat mengikutinya, termasuk sebagian besar di wilayah itu.

Baca juga: Otoritas Venezuela Luncurkan Kasus Kriminal Hadapi Oposisi Guaido

"Sudah waktunya untuk PBB untuk berbicara. Sekarang bangsa di belahan bumi ini telah berbicara, waktunya telah tiba bagi PBB untuk mengakui Presiden interim Juan Guaido sebagai Presiden Venezuela yang sah dan kursi perwakilannya," kata Pence kepada Dewan Keamanan, seperti dilansir Anadolu, Jumat (12/4/2019).

Pence menuntut PBB untuk mencabut mandat utusan PBB Venezuela, Samuel Moncada, dan bukannya kursi perwakilan Guaido tanpa penundaan.

"Dengan segala hormat, Bapak Duta Besar, anda tidak boleh berada di sini, " kata pence. 

"Anda harus kembali ke Venezuela dan memberitahu Nicolas Maduro bahwa waktunya sudah datang. Sudah waktunya baginya untuk pergi," tambahnya.

Baca juga: Dukung Oposisi, Caracas Pilih Keluar dari Organisasi Amerika Serikat

Pence merujuk kepada Presiden Venezuela yang bersikeras bahwa dia adalah target upaya kudeta AS-orchestrated dan menolak panggilan untuk menyerahkan kekuasaan.

Sebelumnya, Moncada mengatakan bahwa pemerintah AS bermaksud untuk mengusir perwakilan Venezuela dari organisasi internasional.

Venezuela telah diguncang oleh protes sejak Januari, ketika Maduro disumpah untuk masa jabatan kedua dan Guaido menyatakan dirinya pemimpin negara beberapa hari kemudian.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More