Pantau Flash
Erick Thohir Ganti Dirut PT Pembangunan Perumahan
Doni Monardo Sebut Akan Ada Standarisasi Harga Tes PCR
Gempa M 7,1 Maluku Utara Akibat Subduksi Lempeng Laut Filipina
Seorang Pemain Tottenham Hotspur Positif Terinfeksi COVID-19
Pemerintah Segera Bayar Dana Kompensasi kepada PLN dan Pertamina

5 Fakta Mengejutkan Bioskop XXI TIM Tutup Permanen

Headline
5 Fakta Mengejutkan Bioskop XXI TIM Tutup Permanen Tampak depan gedung bioskop XXI TIM. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Kabar penutupan bioskop XXI di area Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat mengagetkan banyak pihak. Pasalnya, bioskop yang dikenal dengan penjualan tiket lebih murah tersebut sudah lama menjadi salah satu pusat keramaian di area TIM.

Namun, karena adanya beberapa rencana Pemprov DKI Jakarta, terpaksa gedung bioskop tersebut harus segera dibongkar. Berikut 5 alasan bioskop XXI TIM tutup permanen.

1. Rencana revitalisasi


Kondisi terkini gedung bioskop XXI TIM. (Foto: Istimewa)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu, 3 Agustus 2019.

Rencananya area tersebut akan dialih fungsikan sebagai pusat kebudayaan dunia, termasuk gedung bioskop XXI yang bersebelahan dengan gedung teater Graha Bakti Budaya.

"Karena ada revitalisasi dari TIM-nya sendiri. Bangunan yang akan direnovasi dan didesain seluruh kompleks," ungkap Corporate Communications CINEMA XXI, Catherine Keng, Minggu, 18 Agustus 2019.

2. Resmi ditutup mulai Senin, 19 Agustus 2019


Gedung bioskop XXI TIM. (Foto: Istimewa)

Bioskop XXI TIM resmi ditutup per hari Senin, 19 Aguatus 2019 dan seterusnya. Nantinya, area bioskop itu akan menjadi bagian dari gedung teater Graha Bakti Budaya yang akan diperluas agar bisa menampung 2.000 tempat duduk.

"Pengumuman bioskop tutup dipasang Sabtu 17 Agustus 2019 kemarin," ungkap Yuni, petugas loket tiket kepada, Minggu malam.

3. Memutarkan empat film terakhir


Iluatrasi studio bioskop. (Foto: Pixabay)

Sebelum resmi ditutup, bioskop XXI TIM masih memutar beberapa film, yakni di antaranya adalah Film-film tersebut adalah Bumi Manusia, Perburuan, Wedding Agreement, dan Scary Stories to Tell ini the Dark.

4. Karyawan akan dipindah tugaskan


Iluatrasi pegawai bioskop. (Foto: Pixabay)

Sebanyak kurang lebih 13 karyawan dari berbagai bidang di bioskop XXI TIM sudah mulai berkemas sejak beberapa hari lalu. Yuni dan pegawai lainnya nantinya dipindahkan ke bioskop lain.

"Kami akan dipencarkan. Ini katanya mau dijadikan gedung kesenian," kata Yuni.

5. Banyak kecewaan yang timbul


Ilustrasi rasa kecewa pengunjung. (Foto: Pixabay)

Tutupnya bioskop tersebut membuat banyak orang yang sering berkunjung turut menyayangkan. Banyak yang mengeluh karena gedung bioskop tersebut dekat dengan pemukiman.

Ada juga yang menyayangkan karena faktor dari segi finansial yang jauh lebih murah dibandingkan dengan gedung bioskop lainnya di Jakarta.

Tim Pantau
Editor
Nani Suherni
Penulis
Kontributor - ANU