Pantau Flash
Penyidik Periksa Delapan Karyawan dalam Penyidikan Kebakaran Kejagung
Mantan Direktur Keuangan Jiwasraya Dituntut Penjara Seumur Hidup
RSKI Pulau Galang Khusus Pasien COVID-19 Penuh
Pecah Rekor Lagi! Positif COVID-19 di Indonesia Tambah 4.465 Kasus
Prabowo Targetkan 1,4 juta Hektare Lahan Singkong di Akhir 2025

Inflasi yang Rendah Jadi Momentum Pertumbuhan Ekonomi

Inflasi yang Rendah Jadi Momentum Pertumbuhan Ekonomi Bank Indonesia. (Foto: Pantau.com)

Pantau.com - Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) bekerja sama untuk menjaga angka inflasi IHK di kisaran 3% di 2020 dan menjaga tren penurunan. Sebab, sinergi itu sudah terbukti di inflasi IHK 2019 yang tetap rendah terkendali di 2,72 persen.

Direktur Eksekutif Bank Indonesia (BI), Onny Widjanarko, mengatakan inflasi yang terus menurun dan terkendali dalam sasaran dipengaruhi oleh semakin terjangkarnya ekspektasi inflasi. Selain itu juga terjaganya kestabilan nilai tukar.

"Ini merupakan hasil dari terus kuatnya koordinasi kebijakan antara Pemerintah dan Bank Indonesia, baik di tingkat pusat maupun daerah," ujar Onny, Kamis (13/2/2020).

Baca juga: Bank Indonesia: Transaksi Nontunai Tingkatkan PAD Sektor Pariwisata

Sementara itu, pembangunan infrastruktur terus dioptimalkan. Sehingga bisa memberikan dampak positif dalam perbaikan konektivitas dan kelancaran distribusi barang dan jasa.

"Inflasi yang rendah dan stabil telah mendukung momentum pertumbuhan ekonomi, di tengah kondisi pertumbuhan ekonomi global yang melambat," tambahnya.

Ia menilai inflasi rendah berkontribusi positif dalam menjaga daya beli masyarakat serta memberikan insentif bagi penanaman modal termasuk investasi. Selain itu, dapat meningkatkan daya saing perekonomian.

Baca juga: Penghentian Produk dari China, BI Yakin Itu Tak Pengaruhi Inflasi

Ke depan, Pemerintah dan Bank Indonesia, baik di tingkat pusat maupun daerah, akan berkomitmen untuk terus memperkuat sinergi dalam menjaga stabilitas harga sehingga inflasi IHK tetap terjaga dalam kisaran sasarannya 3 persen pada 2020.

"Inflasi yang rendah dan stabil diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi yang kuat dan berkesinambungan menuju Indonesia Maju," tuntasnya.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta

Berita Terkait: