Pantau Flash
Presiden Jokowi Tegaskan Pilkada Serentak 2020 Tidak akan Ditunda
PSBB Jakarta Diperketat, BPJS Ketenagakerjaan Optimalkan Lapak Asik
Bareskrim Polri Kirim SPDP Kasus Kebakaran Gedung Kejaksaan ke Kejagung
Kemendikbud Terbitkan Persekjen 14/2020 Soal Juknis Bantuan Kuota Internet
Enam Jenazah WNI Ditemukan di Pantai Johor Malaysia

Menkeu Siapkan Rp3,5 Triliun Ubah Hotel Jadi Ruang Isolasi COVID-19

Headline
Menkeu Siapkan Rp3,5 Triliun Ubah Hotel Jadi Ruang Isolasi COVID-19 Menteri Keuangan, Sri Mulyani. (Foto: Antara)

Pantau.com - Kementerian Keuangan akan siapkan anggaran tambahan sebesar Rp3,5 triliun. Uang tersebut disiapkan untuk membiayai rencana pemerintah mengubah hotel bintang 2 dan 3 menjadi tempat karantina pasien COVID-19 yang tak bergejala.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan anggaran itu untuk diserahkan kepada BNPB untuk keperluan karantina pasien COVID-19. "Anggaran yang dialokasikan tambahan Rp3,5 triliun untuk BNPB tentu termasuk antisipasi kemungkinan penggunaan hotel-hotel untuk ruang isolasi pasien," ujar Sri Mulyani.

Baca juga: Pemerintah Tampung Pasien COVID-19 dengan Fasilitas Hotel Berbintang

Ia menambahkan, pemerintah memang terus berupaya untuk menambahkan kapasitas tempat perawatan pasien COVID-19. Di Wisma Atlet sendiri sudah ditambah beberapa tower.

"Jadi sekarang ini kita lihat penggunaan maksimal, termasuk beberapa yang sudah ditetapkan pemerintah seperti gedung-gedung pelatihan yang sekarang digunakan untuk isolasi," paparnya.

Baca juga: Jokowi Sebut Ada 15 Hotel di DKI Siap Terima Pasien COVID-19

Bagi Kemenkeu, yang paling penting adalah kejelasan dari biaya untuk keperluan tersebut. Termasuk, perencanaan dan pertanggungjawabannya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, setidaknya ada 15 hotel bintang 1 hingga 3 yang telah disiapkan sebagai tempat karantina. Kapasitasnya mencapai 3.000 orang dari 1.500 kamar.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta

Berita Terkait: