Pantau Flash
KKP Tingkatkan Kapasitas Pengawas Deteksi Hasil Pencurian Ikan
Luhut Minta Produsen Farmasi Nasional Percepat Produksi Obat COVID-19
Pemkot Surabaya Sisir Ponpes Antisipasi Penularan COVID-19
15.126 Pasien COVID-19 di Wisma Atlet Sembuh
Ketua Dewan Positif COVID-19, Gedung DPRD Bogor Disterilisasi

Sajid Javid, Mendagri Baru Inggris Imigran Keturunan Pakistan

Sajid Javid, Mendagri Baru Inggris Imigran Keturunan Pakistan Mendagri Inggris Sajid Javid. (Foto: Reuters/Stefan Wermuth)

Pantau.com - Perdana Menteri Inggris Theresa May menunjuk Sajid Javid sebagai Menteri Dalam Negeri menggantikan Amber Rudd yang mengundurkan diri setelah terlibat skandal.

Dikutip Pantau.com dari Reuters, Senin (30/4/2018), putra imigran dari Pakistan, Javid pada akhir pekan mencoba untuk meredakan kemarahan etnis minoritas atas skandal penghapusan imigran.

Anggota parlemen pertama dari komunitas Etnik Hitam, Asia dan Minoritas di Inggris diyakini dapat mengubah keseimbangan pemerintahan May di dalam lingkup uni-Eropa.

Baca juga: Skandal Penghapusan Imigran Terungkap, Mendagri Inggris Amber Rudd Mundur

Pengangkatan Javid pun menuai banyak dukungan. Seperti yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Liz Truss. "Selamat. Javid sangat efektif, sungguh-sungguh berani," tulisnya melalui akun twitternya @trussliz.

Penunjukan Javid terjadi hanya beberapa jam setelah Rudd mengundurkan diri setelah dia mengakui dalam sebuah surat kepada May. Ia menjelaskan secara tidak sengaja menyesatkan komite parlemen dengan menyangkal pemerintah memiliki target untuk deportasi imigran gelap.

May menerima pengunduran Rudd yang menjadi pukulan telaj terhadap sang Perdana Menteri. Hal itu itu juga merupakan pukulan bagi para anggota parlemen di Partai Konservatif yang berkuasa yang ingin mempertahankan hubungan terdekat dengan Uni Eropa setelah Brexit.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta

Berita Terkait: