Ahok Kandidat Pemimpin Nusantara

Headline
Basuki Tjahaja Purnama (foto:istimewa)Basuki Tjahaja Purnama (foto:istimewa)

Pantau.com – Nama Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama kembali ramai diperbincangkan, ia disebut-sebut masuk sebagai kandidat pemimpin Nusantara.

Nusantara bakal menggantikan DKI Jakarta menjadi ibu kota baru Indonesia, Nusantara adalah nama yang dipilih Presiden Joko Widodo menjadi nama ibu kota baru di Kalimantan Timur.

Berbeda dengan Jakarta, ibu kota baru akan dipimpin oleh sebuah badan otorita. Yang nantinya akan dikepalai oleh seorang kepala otorita, yang posisinya setara menteri.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Pansus RUU IKN Saan Mustofa.

“Pihak yang menyelenggarakan pemerintahan daerah khusus itu namanya otorita, yang akan dipimpin Kepala Otorita,” kata Saan.

Baca Juga: Ahok Dibahas Internal PDIP Jadi Bakal Cagub DKI

Lalu siapa saja selain Ahok, yang namanya disinggung menjadi pemimpin Nusantara?

Nama-namanya antara lain:

  • Bambang Brodjonegoro, Mantan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)
  • Tumiyana, Mantan Direktur Utama Wijaya Karya (WIKA)
  • Azwar Anas, Mantan Bupati Banyuwangi yang sekarang menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)
  • Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero)

Nama Ahok adalah nama terakhir yang paling mencolok, dan langsung menjadi buah bibir banyak orang. Bahkan Presiden Joko Widodo juga pernah mengonfirmasi bahwa, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok masuk sebagai calon pemimpin Nusantara. Kandidat Kepala Badan Otorita di ibu kota negara (IKN) Kalimantan Timur, tetapi dibutuhkan payung hukum untuk menunjuk nama Ahok.

“Jadi untuk namanya otoritas ibu kota negara, memang kita akan segera tanda tangan Perpres di mana nanti di situ ada CEOnya,” jelas Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (2/3/2020) lalu.

Bahkan Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi juga mengatakan, penunjukan Kepala Badan Otoritas IKN akan diumumkan langsung oleh Jokowi. Dan Luhut mengatakan bahwa Jokowi sudah memegang nama.

“Nanti akan diumumkan. Presiden sudah menunjuk, yang saya tahu begitu,” kata Luhut.

Tim Pantau
Editor
trias
Penulis
trias