Ini Kata Kemenkes Soal Temuan Polio Langsung jadi KLB

Headline
Seorang anak diberikan vitamin A selama kampanye vaksinasi anti polio di SanaaSeorang anak diberikan vitamin A selama kampanye vaksinasi anti polio di Sanaa

Pantau – Bocah berusia 7 tahun di Aceh sempat dikabarkan lumpuh akibat terinfeksi polio. Pemerintah langsung menetapkan polio menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB).

“Di Indonesia dan seluruh dunia sudah mendapatkan sertifikat bebas polio pada 2014. Seluruh dunia sepakar bahwa sekalipun kita sudah bebas polio, tapi surveilans untuk lumpuh layuh (polio) harus dilaporkan. Ternyata, virus polio liar tipe 2 dinyatakan eradikasi 2015 dan tipe 3 itu pada 2019,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), dr Maxi Rein Rondonuwu, Sabtu (19/11/2022).

“Setiap penemuan 1 kasus polio, itu merupakan kejadian luar biasa. Jadi, masuk KLB. Sebelumnya, ada 1 kasus di Papua tahun 2018,” sambungnya.

Maxi mengatakan kondisi bocah tersebut bisa berjalan meski tertarih-tatih.

“Anak itu mengecil di bagian otot, paha dan betis. Memang tidak ada riwayat imunisasi. Tidak memiliki riwayat perjalanan, kontak dan ada perjalanan keluar. Enggak ada,” ucapnya.

“Saya lihat jalannya masih tertatih. Nanti tinggal difisioterapi untuk mempertahankan massa ototnya,” sambung Maxi.

Tim Pantau
Editor
Renalya Arinda
Penulis
Renalya Arinda