Pantau Flash
DKI Jakarta Jadi Penyumbang Terbanyak Pasien Sembuh COVID-19
KKP Tingkatkan Kapasitas Pengawas Deteksi Hasil Pencurian Ikan
Luhut Minta Produsen Farmasi Nasional Percepat Produksi Obat COVID-19
Pemkot Surabaya Sisir Ponpes Antisipasi Penularan COVID-19
15.126 Pasien COVID-19 di Wisma Atlet Sembuh

Seorang Peserta CPNS di Bandung 'Kegep' Bawa Jimat Saat Tes, tapi Gak Ngaku

Seorang Peserta CPNS di Bandung 'Kegep' Bawa Jimat Saat Tes, tapi Gak Ngaku Sejumlah peserta menghadiri tes CPNS di Graha Batununggal, Kota Bandung, Rabu (12/2/2020). ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

Pantau.com - Salah seorang peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kota Bandung, Jawa Barat kedapatan membawa barang yang diduga sebagai jimat saat mengikuti tes yang diselenggarakan di Graha Batununggal.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Pemerintah Kota Bandung, Yayan Brilyana, mengatakan, salah seorang peserta yang tidak disebutkan identitasnya itu menyimpan jimat di dalam sepatu. Ia mengatakan, pihaknya menemukan jimat tersebut saat proses pemeriksaan.

Baca juga: Alami Kontraksi saat Akan Tes, Seorang Peserta CPNS Gugur

"Ada yang makai jimat, ada di kaki di dalamnya. Semua diperiksa (body checking)," kata Yayan saat ditemui dalam pelaksanaan tes CPNS, Rabu (12/2/2020).

Namun menurut Yayan, peserta tersebut tak mengakui dan membantah bahwa barang tersebut adalah jimat. Maka dari itu, kata Yayan, barang tersebut disita oleh petugas karena barang itu dapat mengganggu jalannya tes.

"Dia tidak mengaku (itu) jimat, menurut saya jimat. Bentuknya seperti kain karung, isinya gak saya buka," ungkapnya.

Selain itu, menurutnya masih banyak peserta lain yang terlambat datang untuk mengikuti tes CPNS. Maka para peserta yang terlambat datang itu tidak boleh mengikuti tes.

Sementara itu, dari 6.609 peserta yang mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD), kemudian akan mengerucut untuk mengikuti tes seleksi kompetensi bidang (SKB) pada April 2020 mendatang.

"Dari 6,609 peserta akan mengerucut dan akan dites (SKB) lagi sebanyak 868 peserta dikali 3," katanya.

Baca juga: 4.763 Pelamar CPNS Pemprov Jateng Tidak Penuhi Syarat

Wali Kota Bandung Oded M Danial mengimbau kepada para peserta agar tidak mudah percaya apabila ada seorang calo yang mengaku bisa meluluskan tes seleksi CPNS tersebut.

"Jangan percaya kalau ada calo, itu jadul," kata Oded.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia