Wamenag Paparkan Kisruh yang Terjadi dalam Acara PMII

Headline
Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi.

Pantau – Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Saadi memutuskan untuk tidak melanjutkan pidato sambutannya pada acara pembukaan Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (17/11).

“Melihat situasi seperti itu saya memutuskan untuk tidak melanjutkan sambutan dan kemudian menyerahkan naskah sambutan kepada panitia,” ungkap Zainut, Jumat (18/11/2022).

Zainut menceritakan, peristiwa kericuhan dalam acara itu bermula saat dirinya naik podium untuk menyampaikan sambutan mewakili Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Berselang beberapa menit, Zainut mengaku melihat perselisihan antara peserta yang berada di luar dan dalam ruangan di belakang arena sebelah kanan.

Menurutnya, peserta tersebut seperti akan menyampaikan protes. Aksi itu pun mendapat perlawanan dari peserta yang di dalam.

“Akhirnya terjadilah perdebatan, pemukulan, hingga pelemparan kursi. Acara menjadi rusuh dan tidak kondusif,” kata Zainut.

Meski demikian, ia mengaku tidak mengetahui secara pasti apa yang melatarbelakangi keributan tersebut. Ia hanya mendengar, hal itu terjadi karena masalah internal organisasi.

“Tidak ada kaitannya dengan kehadiran saya,” tutupnyaa.

Di sisi lain, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan sejumlah tokoh dievakuasi panitia ke tempat aman saat kericuhan terjadi.

Petugas keamanan dari kepolisian, TNI dan barisan serbaguna (banser) turun tangan untuk mengamankan situasi agar kembali kondusif.

Perihal kericuhan itu telah dijelaskan oleh Kasi Humas Polres Tulungagung, Iptu Muhammad Anshori. Ia menyebut, kejadian bermula ketika ada pihak mahasiswa yang hendak bertemu tokoh yang hadir pada acara tersebut.

“Dia mau minta ketemu sama salah satu tokoh siapa tadi. Nah, sebetulnya sudah mau diterima tapi perwakilan saja, tapi rekan-rekan mahasiswa enggak mau harus ketemu bersama-sama,” jelas Ashori.

Kegiatan Muspimnas PMII di UIN Tulungagung masih berjalan hingga saat ini. Rencananya, agenda itu digelar pada 17 sampai 24 November 2022.

Tim Pantau
Reporter
Aditya Andreas
Penulis
Aditya Andreas