Pantau Flash
Eks Pimpinan Minta Jokowi Dihadirkan saat Uji Materil Revisi UU KPK
Nilai Kapitalisasi Apple Turun Rp466,1 Triliun Akibat Virus Korona
Arsul PPP Menduga Pasal 170 RUU Ciptaker Bukan Cuma Salah Ketik
Mendag Akan Kaji Bulog Impor Gula Konsumsi 200 Ribu Ton
Penyelidikan Dugaan Korupsi Megaproyek Kemenpar di Lombok Dihentikan

6 Tanda Serius Jika Penyakit Flu Menjadi Sangat Berbahaya

6 Tanda Serius Jika Penyakit Flu Menjadi Sangat Berbahaya Ilustrasi flu. (iStock)

Pantau.com - Sebagian besar dari kita pasti sering terkena flu, terlebih jika musim hujan datang. Reaksi paling umum yang dilakukan ketika terkena flu adalah berpikir bahwa itu akan segera hilang. 

Kita seringkali berasumsi bahwa pilek hanyalah sakit kecil dan tidak serius. Selain itu, kita juga hanya mencoba mengobatinya sendiri dibanding memeriksakan ke dokter.

Tapi tahukah Anda bahwa ada kondisi tertentu di mana Anda harus memeriksakan flu tersebut. Anda harus mendapatkan perawatan medis yang Anda butuhkan. Pemeriksaan ini juga cukup penting jika Anda memiliki beberapa kondisi kronis seperti asma, alergi parah, diabetes, penyakit ginjal, HIV, atau gangguan autoimun apa pun.

Hal yang sama berlaku untuk wanita hamil juga, dan untuk siapa pun yang berusia di bawah 6 atau di atas 65 tahun. Pilek biasa mempengaruhi kelompok orang ini secara berbeda dan bisa lebih serius daripada orang yang sehat. Dilansir Boldsky, berikut tanda-tanda bahwa flu Anda menjadi penyakit yang serius.

Ilustrasi flu. (iStock)

Baca juga: Waspada, 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Rentan Terkena Flu

1. Sudah Lebih dari Tiga Minggu

Jika batuk atau pilek Anda berlangsung lebih dari tiga minggu, maka Anda benar-benar perlu memeriksakannya ke dokter. Ini karena gejala yang berkepanjangan bisa merupakan tanda asma, radang paru-paru atau berbagai jenis patologi paru-paru.

2. Gejala Kembali dan Lebih Buruk dari Sebelumnya

Terkadang, Anda merasa lebih baik, hanya agar kondisinya pulih dan menjadi lebih buruk. Ini adalah beberapa tanda darurat, dan Anda seharusnya tidak mengabaikannya. Ini adalah salah satu tanda utama bahwa flu Anda menjadi serius.

Ilustrasi flu. (iStock)

3. Ingus Berwarna-warni

Jika ingus atau dahak Anda berwarna aneh, maka ada yang salah dengan tubuh Anda. Ini karena sel darah putih yang berusaha melawan infeksi dalam tubuh.

Baca juga: Cara Paling Ampuh dan Alami Mencegah Penyakit Flu, Nggak Pakai Ribet

4. Mata Gatal atau Berair

Jika mata Anda sering berair, maka ada kemungkinan Anda memiliki alergi daripada pilek biasa.

Ilustrasi flu. (iStock)

5. Berat Badan Menurun

Jika Anda mengalami penurunan berat badan, bahkan jika Anda makan dengan cukup baik, maka ini bisa mengkhawatirkan. Ini bisa menjadi tanda-tanda halus hipertiroidisme, infeksi bakteri atau HIV.

6. Merasakan Tekanan Intens

Jika Anda mengalami rasa sakit atau tekanan di bagian tertentu dari tubuh, maka Anda harus sadar. Sebagai contoh, infeksi sinus dapat melukai saluran hidung atau bahkan gigi Anda.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: