Pantau Flash
Update COVID-19 2 April: 1.790 Positif, 112 Sembuh, 170 Meninggal
Total Pasien Positif COVID-19 di RS Darurat Wisma Atlet Jadi 125
Seorang Warga Ciomas Positif, Total Pasien COVID-19 Kab Bogor Jadi 14 Orang
Rapid Test di Stadion GBLA Bandung Batal Setelah Ditolak Warga Setempat
Investor Menjauh, Rupiah Melemah 16.528 per Dolar AS

Punya Hewan Peliharaan? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan

Punya Hewan Peliharaan? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Memiliki hewan peliharaan merupakan tanggung jawab yang besar, meski memiliki segudang manfaat nyatanya mempunyai hewan peliharaan tidaklah mudah. Banyak hal-hal kecil yang harus diperhatikan pada hewan agar tidak menimbulkan bencana.

Berikut 5 hal yang harus dilakukan bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan menurut para ahli dikutip Insider.

1. Periksa Secara Rutin

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Semua hewan peliharaan harus diperiksa secara rutin ke dokter hewan setidaknya sekali dalam setahun, meski hewan peliharaan Anda terlihat sehat. Menurut Katy Nelson, host dari The Pet Show TV di WJLA di Washington DC mengatakan kepada Insider bahwa check-up tahunan dapat membantu Anda melihat masalah kesehatan. Hal itu dapat menghemat uang dan menjaga  hewan peliharaan Anda sebaik mungkin.

Baca juga: Video 5 Hewan yang Memiliki Suara Tak Sesuai Rupanya

2. Porsi Makanan 

Ilustrasi kucing makan. (Foto: iStock)

Obesitas sangat umum terjadi pada kucing dan anjing, jadi sangatlah penting untuk mengawasi porsi makanan untuk hewan peliharaan. 

"Kelebihan berat badan akan menghancurkan hewan peliharaan kita, dan dengan memanggil mereka nama imut seperti 'chunky,' atau 'Fluffy' adalah hal yang tidak benar," katanya.

Ia juga mengatakan, sel adiposa, dikenal sebagai sel lemak, adalah pabrik hormon, memproduksi puluhan sitokin inflamasi yang meningkatkan risiko hewan peliharaan Anda diabetes, penyakit jantung, penyakit sendi, dan bahkan kanker.

Pemilik hewan peliharaan disarankan untuk berkonslutasi dengan dokter untuk diet, kebiasaan makan, dan pola latihan hewan peliharaan.

3. Melatih 

Ilustrasi anjing bermain. (Foto: iStock)

Dibandingkan memberitahu hewan peliharaan apa yang harus dilakukan, cobalah untuk melatih mereka ke arah perilaku yang tepat. 

Kim Paciotti, pelatih anjing berpengalaman dan ahli hewan peliharaan dari Charlotte, North Carolina, mengatakan kepada Insider, banyak di antara kita yang lupa bahwa hewan peliharaan tidak mengerti hal seperti yang kita lakukan, jadi terkadang sangat membantu untuk membimbing mereka untuk tindakan yang tepat.

"Anjing Anda mungkin akan mengunyah pada sesuatu yang tidak pantas, seperti sepotong furnitur, dan Anda dengan cepat memberitahu mereka untuk berhenti. Mereka lakukan untuk waktu yang singkat tapi kemudian mereka kembali ke perilaku yang tidak diinginkan, "kata Paciotti.  

"Mengapa? Karena Anda mengatakan kepada mereka apa yang tidak harus dilakukan, bukannya mengatakan kepada mereka apa yang harus dilakukan. Tindakan yang tepat akan memberikan anjing melakukan sesuatu yang diizinkan," tambahnya.

4. Nada Suara

Ilustasi. (Foto: Pixabay)

Tips lain yang diberikan Paciotti adalah bahwa Anda harus mencoba untuk berhati-hati terhadap nada dan pitch dalam suara Anda ketika berbicara dengan anjing. Dia mengatakan bahwa berbicara dalam bentuk jamak dan bahkan mengubah nada suara dapat membantu Anda melatih anak anjing di jauh lebih cepat. 

Baca juga: 5 Pelajaran Hidup dari Hewan Ini Patut Kamu Tiru Guys!

"Anjing mendengar nada dan pitch dalam suara kita. Nada suara kita akan berubah dan puncak telinga anjing akan memperhatikannya," kata Paciotti.

5. Sosialisasi Hewan

Ilustrasi hewan peliharaan. (Foto: Getty Images)

Sosialisasi hewan peliharaan sangatlah penting untuk membantu menjaga mereka bahagia. Kebanyakan hewan peliharaan menikmati keluar dan bermain dengan hewan lain, Larissa Wohl, seorang ahli hewan peliharaan di Hallmark Channel's "Home & Family " menunjukkan, kepada Insider.

"Sosialisasi untuk hewan Anda, terutama anjing, sangat penting. Kita begitu sibuk dengan tanggung jawab kita sendiri sehari-hari yang seringkali (kita lupa bahwa) hewan kita duduk di rumah untuk sepanjang hari,  "kata Whol.  

"Anjing bisa berjalan di pagi atau malam hari, tetapi bersosialisasi dengan hewan lain membantu mereka secara mental dan fisik," tambahnya.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: