Forgot Password Register

Headlines

Air Minum Seperti Apa yang Sehat untuk Dikonsumsi?

Ilustrasi air mineral (Foto: Pixabay) Ilustrasi air mineral (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Begitu banyak produk air mineral yang ditawarkan di pasaran. Setiap merek bersaing saling menawarkan keunggulan produknya masing-masing. Bahkan diantaranya mengklaim memiliki manfaat besar untuk kesehatan.

Namun, apakah kamu bisa begitu saja percaya atau hanya akal-akalan dari pengiklan untuk menarik minat konsumen.

Dilansir dari lifehack.org, artikel ini akan membantu kamu mengidentifikasi jenis air mineral dan apa manfaat kesehatan sebenarnya berdasarkan bukti ilmiah dan data penelitian.

1. Air keran

Air keran adalah jenis air yang keluar dari keran air kamu. Di sebagian besar negara, biasanya dipasok dan dikendalikan oleh otoritas pemerintah setempat.

Baca juga: Dampak Buruk Minyak Sawit Mengganggu Sistem Reproduksi Pria

Air ini umumnya aman untuk hal-hal seperti memasak, membersihkan, dan mencuci pakaian. Air keran juga murah, mudah diakses bagi kebanyakan orang dan biasanya merupakan sumber air yang aman.

Air keran umumnya aman untuk diminum, tetapi beberapa penelitian baru-baru ini menimbulkan kekhawatiran. Misalnya, EWG (Kelompok Kerja Lingkungan) melakukan penelitian selama 5 tahun dengan melihat kualitas air keran di AS. Hasilnya menunjukkan bahwa air keran yang dipasok ke 50 negara bagian mengandung lebih dari 500 kontaminan yang berbeda.

2. Air botol

Air botolan adalah air yang dimurnikan secara portabel yang dapat kamu beli dengan mudah dan nyaman setiap kali merasa kehausan. Air botol sering kita temui dengan berbagai merek.

Air botol adalah sumber air yang baik untuk minum. Beberapa merek air besar telah mengakui bahwa air botolan mereka tidak lebih dari air keran yang disaring.

3. Air sulingan

Air suling disebut juga air demineralisasi atau deionisasi. Ini adalah air yang kandungan ion dan mineral dibuang. Dengan kata lain, air ini paling murni yang bisa kamu dapatkan. Secara harfiah tidak ada apa pun di dalamnya (baik dan buruk). Ini berarti tidak mengandung kontaminan, bakteri, mineral atau nutrisi.

Tingkat kemurniannya yang tinggi membuatnya menjadi air pilihan di tempat-tempat seperti laboratorium dan pabrik. Ini juga bagus jika kamu ingin minum air yang benar-benar murni.

Selain itu air suling memiliki tingkat kemurnian tertinggi dan hampir steril. Tidak ada risiko berbahaya terkait dengan mengkonsumsi air suling karena sangat bersih. Namun, beberapa laporan kesehatan menunjukkan bahwa mungkin bukan yang terbaik untuk selalu minum air setiap hari karena tidak memiliki kandungan mineral dan nutrisi yang sehat.

Share :
Komentar :

Terkait

Read More